Perokok Aktif Vs Pasif, Bahaya mana?

Perokok Aktif Vs  Pasif, Bahaya mana


Rokok memang menjadi salah satu hal yang dianggap sangat membahayakan bagi kesehatan. Toko juga dianggap sebagai salah satu pembunuh nomer satu di dunia yang berdarah dingin. Namun sayangnya justru banyak orang yang sangat gemar merokok. Padahal rokok ini bisa menyebabkan terjadi berbagai masalah kesehatan misalnya saja kanker paru-paru, jantung, dan masih banyak lainnya. 

Tidak hanya perokok aktif saja, perokok pasif juga terkena dampaknya loh. Bahkan dampaknya lebih besar dari pada perokok aktif. Loh kenapa bisa seperti itu? Padahal kan perokok pasif tidak merokok sama sekali? Jawabnya adalah karena perokok pasif yang hidup di lingkungan perokok aktif secara otomatis mereka akan menghirup asam rokok setiap hari.

Nah, asap rokok tersebut jika lama kelamaan akan dihirup dapat menyebabkan racun di dalam tubuh. Gangguna penyakit yang sering terjadi adalah kanker paru-paru. 

Bahaya Rokok Bagi Perokok Pasif

Bisa dikatakan bahwa perokok pasif itu lebih berbahaya jika di bandingkan dengan para perokok aktif. Bahkan ada sebuah penelitian dari pakar kesehatan menyatakan bahak hampir 100% bahaya yang ditimbulkan dari asap roko  hanyalah sekitar 25% saja yang di rasakan oleh perokok aktif. Sisanya malahan di rasakan oleh perokok pasif. Hal ini karena mereka akan terpapar langsung asap rokok. 

Di dalam asap rokok ya h dihirup mengandung beberapa zat atau senyawa yang negatif misalnya saja benzena, sianida, tar, arsenik dan beberapa senyawa lainnya. Ketika asap terseny terhirup maka senyawa kimia akan menyebabkan beberapa gangguan penyakit. Selain itu, ada beberapa masalah atau dampak buruk asap rokok bagi perokok pasif lainnya, yaitu sebagai berikut ini :

1. Jantung Koroner 

Bagi orang dewsa yang menjadi seorang perokok pasif bisa meningkatkan resiko serangan jatung. Penyakit jantung koroner ini bisa di deteksi dengan beberapa gejala-gejala misalnya saja nyeri pada bgauan dada, sesak nafas, dan juga gagal jantung.

2. Pengerasan Arteri

Dampak buruk dari paparan asap.rokik ini juga bisa menyebabkan pengerasan pada ateri atau yang disebut juga dengan aterosklerosis. Hal disebabkan karena penumpukan lemak dan lolesterol pada dinding arteri. Sehingga, arteri akan mengeras dan bisa menghalangi aliran darah.

3. Keguguran

Bagi wanita hamil, asap rokok akan mempunyai resiko yang sangat fatal. Seorang wanita hamil yang sering menghirup asap rokok, maka sangat beresiko untuk terserang keguguran. Bahkan, juga bisa menyebabkan kelainan pada bayi yang masih ada di janin. Berat badan si bayi juga akan sangat terganggu dimana berat badan akan menjadi tidak stabil. Bahkan bisa meningkatkan kemungkinan kematian pada bayi. 

4. Penurunan Kemampuan Akdemik Pada Anak

Sudah bisa dipastikan bahwa anak sebagian besar merupakan perokok pasif. Namun jika mereka hidup dilingkungan dimana bbanyk perokok aktif, maka secara otomatis mereka juga akan terkena dampaknya. 

Dampak asap rokok yang paling terlihat pada anak adalah mengalami penurunan akademik. Mereka akan cenderung menjadi kurang berkonsentrasi dan paling dampak asap rokok yang paling berbahaya adlaah mereka akan mengalami gangguan pada otak. Wah, mengerikan bukan? 

Tips Hindarikan Asap Rokok 

Dari penjelasan yang sudah disampaikan, ternyata sangat besar ssekai bahaya asap rokok bagi siapapun khususnya bagi para perokok pasif. Untuk itu, anda harus mewaspadai beberapa aktivitas bereikut ini untuk mencegah asap rokok. Berikut ini adalah sebagai berikut 

  • Jika anda merasa nyaman ketika sedang duduk atau berhadapan dengan dengan perokok, maka anda bisa meminta dengan sopan agar tidak merokok di sekitar anda. Namun jika cara tersebut tidak mempan, maka  sebaiknya anda menjauh saja.
  • Buatlah suasana rumah yang terbebas dari gangguan asap rokok. Laranglah siapa pun untuk merokok di rumah anda
  • Jika anda ingin keluar ke tempat umum, maka sebaiknya anda memilih temoat yang terbebas dari asap rokok. Anda juga harus selalu menggunakan masker apabila memungkinkan tempat yang anda kunjungi memang bukan tempat yang ada tempat khusus untuk merokok 
  • Tingkatkanlah Kesadaran Diri Mengenai Bahaya Asap Rokok


Pada dasarnya, meningkatkan kesadaran terhadap  bahaya asap rokok memang sangat penting sekali. Hal ini bisa dimulai dari diri sendiri, keluarga, orang terdekat dan dilanjutkan dengan orang di sekitar anda.  Jika anda mengetahui salah satu kerabat atau keluarga anda merokok, maka anda bisa memberikan nasehat kepada mereka mengenai dampak asap rokok yang sangat berbahaya. 

Nah, itu kita semua bisa mengambil kesimpulan bahwa merokok merupakan sebuah hal yang membahayakan. Jika dibandingkan bahaya mana perokok pasif atau perokok aktif? Jelas sekali bisa disimpulkan bahwa perokok pasif akan jauh akan merasakan dampaknya yang buruk jika dibandingkan dengan perokok pasif. Oleh karena itu, marilah sayangi diri dan keluarga anda. Hilangkan kebiasaan merokok secara berlahan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perokok Aktif Vs Pasif, Bahaya mana?"

Posting Komentar