Mengenal Lebih Dekat Revolusi Industri 4.0

Mengenal Lebih Dekat Revolusi Industri 4.0


Saat ini kita semua sedang hidup di era revolusi industri 4.0. Pada era ini, segala macam mengandalkan kecanggihan teknologi masa kini. Hal ini juga didukung dengan semakin cepatnya perkembangan dari teknologi dan informasi di Indonesia. Namun, sayangnya masih ada yang  belum paham mengenai apa sih  revolusi  industri 4.0 itu? Dari pada penasaran, yuk kita baca penjelasan berikut ini..

Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 adalah sebuah fenomena yang terjadi pada saat ini yang mana mengkolaborasikan antara teknologi cyber dan optimalisasi. Intinya, pada masa ini segala sesuatu yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sangat dikaitkan dengan penggunaan teknologi yang serba canggih dan maju. Hal ini tentu saja mendatangkan kepraktisan tersendiri bagi kehidupan.

Selain itu, hal ini juga akan semakin menambah nilai efesiensi pada suatu lingkungan kerja yang menganggap manajemen waktu merupakan sesuatu yang sangat vital.  Misalnya saja, sebuah perusahaan ingin melakukan sebuah promosi mengenai produk yang ditawarkan. Maka  dengan memanfaatkan segala kecanggihan teknologi di zaman revolusi industri, proses pemasaran dan promosi produk semakin cepat dan efesien. 

Promosi yang gencar dilakukan pada revolusi ini adalah promosi menggunakan sosial media.  Hal ini dilihat karena ada banyak orang yang menggunakan sosial media untuk berbagai macam aktivitas.

Tentu saja,  revolusi industri ini tidak akan bisa terlepas dari yang namanya internet. Selain itu, manfaatnya juga sangat besar dan bisa dinikmati oleh berbagai macam lapisan masyarakat untuk mempermudah berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Teknologi Pendukung Revolusi Industri 4.0

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa era revolusi industri mengaplikasikan segala macam kecanggihan teknologi dalam berbagai macam bidang.  Selain itu, ada beberapa teknologi pendukung yang semakin mendukung berkembangnya kemajuan revolusi industri 4.0.  Apa saja teknologi yang dimaksud? Yuk simak penjelasan berikut ini ya. 

1. Intenet of Thing 

Internet of thing merupakan sebuah trobosan terbaru dimana suatu objek yang mempunyai kemampuan dalam mentransfer data dengan menggunakan jaringan. Jadi tidak diperlukan interaksi manusia sama sekali. Misalnya saja, ada Jarvis yang bisa mematikan lampu secara otomatis ketika pagi hari, pompa air yang bisa langsung mati sendiri ketika air sudah penuh, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Big Data

Big data merupakan sebuah istilah untuk mengilustrasikan volume data yang sangat besar. Alat ini sudah banyak digunakan pada bisnis dan bisa sangat membantu di dalam menentukan arah bisnis. Misalnya saja, seorang jasa keuangan yang akan mengirimkan email promo renewal untuk nasabahnya yang sudah jatuh tempo pembayaran.

3. Argumented Reality

AR merupakan sebuah teknologi pada era industri 4.0 yang mana cara kerjanya adalah dengan menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi di dalam sebuah lingkungan nyata dan memproyeksikan benda maya tersebut.

4. Artificial Intelegence

Artificial intelegenve merupakan teknologi mesin kekinian yang sangat cerdas seperti manusia. Mesin ini bisa diatur sesuai dengan keinginan. Fungsi  utama dari alat ini adalah untuk mempelajari data yang sudah diterima dengan berkesinanbungam. Jadi semakin banyak data yang diterima ataupun di analisis, maka semkain pula alat ini Kana membuat sebuah prediksi

5. Simulation 

Simulasi digunakan di era revolusi industri 4.0 ini dalam berbagai macam konteks. Contohnya, sebagai mesin optimalisasi teknik keselamatan, pengujian dan juga pelatihan. Bahkan video game juga sudah menggunakannya. 

6. Addictive Manufacturing

Additive manufacturing merupakan sebuah  terobosan terbaru di era revolusi industri 4.0. Pada masa ini, gambar wujud digital bisa berubah menjadi wujud nyata dengan ukuran dan dan bentuk tertentu dalam skala besar.

7. Sistem Intergeration

Sistem ini merupakan rangkaian yang menghubungkan antar beberapa sistem  bagi secara fisik dan fungsi fungsional. Sistem ini bisa menggabungkan antara komponen sub sistem dalam sebuah sistem yang bisa menjamin fungsinya bisa menjadi kesatuan dari sebuah sistem.

8. Cloud Computing

Kecanggihan teknologi yang terakhir adalah benama Cloud Computing. Cloud Computing merupakan teknologi yang bisa menjadikan internet sebagai salah satu pusat pengelolaan dalam penggunaan data dan aplikasi. Cara kerjanya adalah  komputer akan diberikan  hak akses  server virtual yang mana bisa konfigurasikan melalui internet.

Inti dan kesimpulannya bahwa pada zaman revolusi 4.0 ini memang Permana teknologi sangat besar sekali. Hal ini tentu saja akan memberikan manfaat bagi semua orang dimana memberikan kemudahan dalam mengakses segala sesuatu dalam kehidupan sehari- hari.

Sekarang sudah paham bukan mengenai faktor-faktor yang mendukung semakin berkembangnya era revolusi industri 4.0. Kita sebagai manusia yang hidup masa ini harus bisa memanfaatkanya sebaik mungkin. Jangan sampai menggunakan kemajuan teknologi tersebut untuk hal-hal yang berbau negatif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Revolusi Industri 4.0"

Posting Komentar