Tips Dan Trik Mengendalikan Kuota Internet

Tips Dan Trik Mengendalikan Kuota Internet

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih terkadang membuat beberapa pengguna kerapkali terlena olehnya. Hal tersebut semakin terdukung dengan adanya internet yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Keberadaan internet kini menjadi semakin penting di berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa bahkan anak – anak. Tak sedikit diantara para pengguna internet yang memanfaatkannya untuk mencari berbagai informasi, namun banyak pula yang hanya sekedar menggunakannya untuk bermain game online. 

Memang tak dapat dipungkiri bahwa di era digital ini pengguna internet terus mengalami peningkatan setiap harinya, terbukti dengan semakin banyaknya keluhan dari para penggunanya mengenai kuota yang digunakan. Pemakaian kuota internet kini berubah menjadi pengeluaran rutin dan sangat perlu untuk dipertimbangkan pada setiap bulannya karena terkadang tanpa disadari uang terkuras hanya untuk membeli kuota internet. 

Tak Memikirkan Penggunaan Internet Ternyata Berakibat Fatal 

Hemat kuota internet menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang, terkhusus para mahasiswa yang harus menghabiskan waktunya untuk berlama – lama dengan internet. Bahkan tak terasa uang bulanan terkuras akibat pembelian kuota internet demi penugasan. Namun juga kerapkali beberapa diantara mahasiswa tersebut tidak menggunakan internet dengan baik, sehingga uang yang dikeluarkan untuk kuota internet terbuang sia – sia hanya karena bermain game online atau hanya sekedar menonton video di youtube. 

Sulitnya mengontrol penggunaan internet dapat membawa dampak buruk bagi pengguna, maka dari itu hemat kuota internet sangat perlu untuk mengantisipasi adanya hal – hal buruk. Beberapa hal buruk yang akan terjadi ketika penggunaan internet tidak di kendalikan dengan baik, yaitu : 

1. Kebutuhan prioritas menjadi terkesampingkan 

Hal – hal prioritas yang telah dipersiapkan seringkali dapat dipatahkan hanya karena tidak dapat hemat kuota internet. 

Mengapa hal tersebut sering terjadi ?

Berawal dari penggunaan internet untuk mencari informasi penting mengenai kesehatan, kemudian dapat berujung pada game online yang dapat membuat kecanduan. Kecanduan yang pada akhirnya membuat biaya kebutuhan utama beralih ke kuota internet. 

2. Terkurasnya uang penghasilan tiap bulan 

Membahagiakan diri sendiri melalui hasil kerja keras tiap bulannya memang suatu hal yang sangat dianjurkan, namun sangat disayangkan ketika membahagiakan diri dengan cara yang berlebihan seperti membeli kuota internet berkali – kali dalam satu bulan akibat pemborosan penggunaan internet. Kuota sangat erat hubungannya dengan internet, maka ketika ingin hemat kuota internet harus mempertimbangkan beberapa hal.  

3. Merusak smartphone 

Penggunaan internet yang secara berlebihan membuat tempat untuk meletakkan sim card rusak. Penggantian nomor baru sebagai kuota internet berdampak buruk dikarenakan gesekan yang akan terjadi secara terus – menerus dalam satu bulan. 

Yuk Kenali Tips Dan Trik Menghemat Kuota Internet 

Internet tak selamanya menguras banyak kuota jika digunakan dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengendalikan penggunaan internet tersebut agar tidak berdampak buruk. Namun tak perlu khawatir bagi pengguna akut internet yang akan melakukan hemat kuota internet dapat di lakukan dengan beberapa tips berikut, diantaranya : 

1. Tetap tenang dengan ataupun tanpa internet 

Banyak diantara kita yang dapat dikatakan tidak dapat hidup tanpa adanya internet, bahkan hanya dalam waktu setengah jam. Kebiasaan buruk inilah yang kerapkali sulit untuk dihilangkan, terlebih dikalangan anak muda masa kini. Tips termudah yang dapat dilakukan adalah dengan tetap bersikap tenang meskipun hidup tanpa adanya internet. Dengan demikian, kuota internet pada smartphone dapat diminimalisir karena kuota hanya digunakan pada saat dibutuhkan saja. 

2. Mengontrol aplikasi “Maps” 

Tak disangka ternyata aplikasi maps merupakan aplikasi yang paling banyak menguras jumlah kuota internet akibat adanya berbagai layanan dan melihat map memakai mode satellite atau realtime. Tips hemat kuota internet yang dapat dilakukan untuk hal ini adalah dengan mengatur maps menggunakan mode offline. Cara termudahnya adalah dengan menyentuh bagian search bar pada aplikasi maps kemudian matikan, maka secara otomatis aplikasi maps akan nonaktif.

3. Lakukan update aplikasi hanya saat terhubung wifi 

Tips ampuh lain yang dapat dilakukan untuk hemat kuota internet adalah dengan melakukan pembatasan pembaruan aplikasi pada smartphone. 
Bagaimana caranya ? 
Internet dan beberapa aplikasi di smartphone tak hanya dapat diakses dengan menggunakan kuota, namun juga menggunakan wifi. Tanpa disadari aplikasi pada smartphone akan melakukan pembaruan secara otomatis saat terhubung dengan data internet. Cara terbaik adalah mengaturnya hanya saat wifi menyala saja dan aplikasi akan melakukan pembaruan.

4. Matikan koneksi internet ketika tidak dibutuhkan 

Hal sepele yang selalu terjadi namun ternyata berdampak pada penghematan kuota adalah dengan tidak menonaktifkan koneksi internet saat tidak digunakan. Tanpa disadari hal tersebut akan membuat kuota internet terkuras karena kondisi sinyal yang buruk akan membuat kuota tersedot lebih banyak. 

Beberapa tips tersebut dapat dilakukan oleh pengguna internet akut untuk menghemat kuota agar tidak cepat habis terkuras. Yuk hemat kuota mulai sekarang dan sayangi dirimu dengan hal – hal yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain ! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Dan Trik Mengendalikan Kuota Internet "

Posting Komentar