Tips Agar Bisa lulus CPNS

Tips Agar Bisa lulus CPNS
Menjadi pegawai negeri sipil atau PNS ternyata masih menjadi pekerjaan yang banyak diminati masyarakat, dengan banyaknya jumlah peserta yang mendaftarkan diri pada tiap tes CPNS diadakan tentu kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi rangkaian tes sampai akhirnya kamu bisa diterima menjadi pegawai negeri sipil atau PNS, bagi kamu yang memang memiliki tujuan untuk menjadi pegawai negeri sipil berikut adalah tips jitu supaya kamu bisa lulus CPNS

1. Memilih Instansi

Memilih instansi menjadi hal yang penting bagi kamu yang hendak mendaftar CPNS, meskipun tiap instansi mengadakan perekrutan calon pegawai negeri sipil, namun jangan salah karena tiap instansi bisa memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Selain itu banyaknya jumlah pelamar pada sebuah instansi harus jadi bahan pertimbanganmu, karena semakin banyaknya peserta tentu semakin banyak pula sainganmu dan akan memperkecil peluang keberhasilan lolos seleksi CPNS. Jika seperti itu kamu perlu evaluasi dirimu, apakah kamu dapat bersaing dengan banyaknya jumlah pelamar atau tidak.

Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan jumlah lowongan yang dibutuhkan untuk jurusanmu misalnya jika kamu jumlah formasi s1 ilmu komunikasi hanya ada 2 pada lowongan di kementerian, sedangkan pada kementrian b tersedia 10 lowongan untuk ilmu komunikasi, maka sebaiknya kamu memilih dengan jumlah lowongan yang lebih banyak, karena peluang lolos pun lebih besar

2. Lengkapi Persyaratan dan Pastikan Dokumen Yang Diperlukan Terpenuhi

Jika kamu sudah menentukan instansi mana yang akan menjadi tempat tujuan kamu melamar CPNS, ma yang selanjutnya pastikan berbagai dokumen yang menjadi kelengkapan administrasi harus terpenuhi, jangan sampai kamu tersisih saat proses awal ini, karena kamu tidak teliti atau tidak menyiapkan dokumen persyaratan administrasi untuk melamar CPNS kamu bisa tersisih diproses administrasi. Jangan sampai keteledoran mu menyebabkan kamu tidak bisa maju ke tahap berikutnya. Jadi pastikan kamu melengkapi persyaratan dokumen yang diminta

3. Pahami Tipikal Soal yang Ada Pada Tes CPNS

Yang perlu kamu ketahui perihal tes CPNS adalah Formasi Tes CPNS di daerah entah kabupaten maupun provinsi ternyata berbeda dengan tes CPNS yang ada  pada kementerian. Jika kamu melamar untuk formasi tes daerah, kamu hanya akan melakukan Tes Kemampuan Dasar atau TKD sedangkan bagi kamu yang mendaftar pada formasi kementerian kamu akan mengikuti tes TKD setelah itu kamu juga akan melakukan Tes Kemampuan Bidang atau TKB. Jadi persiapkan dirimu sesuai dengan tempat kamu melamar, jangan sampai kamu membuang-buang waktu.

4. Perbanyak Belajar dan Berlatih Soal Tes CPNS

Jika kamu hendak lolos seleksi dan menjadi pegawai negeri sipil, tentu prosesnya tidaklah mudah, terlebih banyaknya jumlah pelamar maka kamu dipastikan harus belajar ekstra bahkan jauh sebelum tes akan dilaksanakan, banyaklah latihan berbagai tes CPNS seperti tes kemampuan dasar, semakin kamu sering berlatih mengenai soal-soal CPNS, kamu semakin terbiasa dengan soal yang akan kamu hadapi nanti, karena pada dasarnya tiap soal CPNS tak terlalu berbeda dengan soal-soal CPNS sebelumnya.

Jika memang dirasa perlu kamu juga dapat mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan CPNS. Disana selain kamu akan dilatih dan diberi materi oleh tutor professional kamu juga bisa memperoleh trik mengerjakan soal calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan lebih cepat sehingga kamu bisa mengerjakan soal lebih banyak, karena waktu mengerjakan tiap soalnya menjadi lebih cepat, tidak ada salahnya jika kamu belajar lebih ekstra termasuk mengikuti les persiapan calon pegawai negeri sipil atau CPNS

5. Menjaga Kesehatan Pada Saat Sehari Sebelum Tes

Menjaga kondisi kesehatan untuk tetap prima dan fit adalah sesuatu yang perlu kamu jaga, jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan apalagi jika tes sudah semakin dekat, dengan kondisi kesehatan yang menurun akan berpengaruh kepada fokus mu lo, sehingga saat mengerjakan soal kamu apa yang telah kamu pelajari bisa hilang, dan akhirnya soal-soal tersebut tidak bisa kamu kerjakan dengan maksimal.

Pastikan untuk tidak begadang terutama pada saat satu hari sebelum tes, karena dengan begadang dan terlalu memforsir diri dapat menyebabkan kondisi kesehatanmu menurun pada esok harinya, oleh sebab itu kamu harus belajar saat jauh-jauh hari sebelum  CPNS, jadi kamu tidak perlu begadang pada hari-hari mendekati tes. Dan bukan hanya kondisi fisik yang perlu kamu juga, namun mental mu juga, jangan sampai merasa stress dan tertekan pada saat mengerjakan soal ujian.

6 . Berdoa

Jika kamu telah melakukan semua hal yang terbaik, maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan usahamu pada Tuhan, berdoa agar kamu diberi kelancaran saat mengerjakan tes, dan dapat lolos dan melaju pada tahap tes berikutnya, dengan berdoa dan berpasrah diri kamu akan memperoleh ketenangan selama proses mengerjakan soal maupun setelah tes selesai, jangan lupa minta doa kedua orang tua, agar jalanmu menuju cita-citamu dapat terwujud.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Bisa lulus CPNS"

Posting Komentar