Perusahaan yang Sebaiknya Kamu Tidak Lamar

Perusahaan yang Sebaiknya Kamu Tidak Lamar


Mencari pekerjaan di zaman sekarang tidaklah mudah, persaingan yang ketat menyebabkan banyaknya para pencari kerja yang tak kunjung memperoleh pekerjaan. Hal tersebut acap kali dimanfaatkan oleh para oknum penipu guna mencari keuntungan dari para pencari pekerja. 

Supaya kamu tidak menjadi korban penipuan dari para oknum tersebut ada baiknya kamu perlu mengenali perusahaan berkedok penipuan dengan modus lowongan pekerjaan. berikut adalah daftar perusahaan yang harus kamu hindari: 

1. Perusahaan yang Menggunakan Domain Email Gratis

Bagi kamu yang menemukan info lowongan pekerjaan dari sebuah perusahaan, kamu perlu cermat melihat alamat email dari perusahaan tersebut, alamat email ini bisa dapat membantumu untuk mendeteksi apakah perusahaan tersebut perusahaan asli atau fiktif. 

Perusahaan fiktif alias penipu biasanya menggunakan domain gratis untuk modus penipuannya, misalnya @yahoo, @hotmail mapun @gmail. Yang perlu kamu perhatikan biasanya perusahaan fiktif ini mengecoh kamu dengan nama email perusahaan nyata, misalnya perusahaan wika, yang membedakannya adalah domain yang digunakan seperti wika@gmail.com.

Tentu perusahaan besar seperti wika tidak akan menggunakan domain gratisan untuk email resmi perusahaannya, jadi jangan sampai terkecoh karena nama depan email tersebut.

2. Jangan Pernah Melamar Pekerjaan Di Perusahaan Dengan Website Gratisan Bahkan Website Tak Bisa Ditemukan

Salah satu ciri perusahaan abal-abal adalah dengan mencantumkan website gratisan, pencantuman website bisa membuat para pencari kerja menjadi percaya bahwa perusahaan yang tengah membuka lowongan kerja tersebut merupakan perusahaan resmi. Padahal jika kamu teliti, bisa jadi website dari perusahaan tersebut merupakan website gratisan, tentu jika perusahaan resmi tidak akan menggunakan website gratis untuk perusahaannya.

Biasanya para perusahaan palsu ini akan mencantumkan website dengan wordpress.com, atau website dari CMS weebly, bahkan blogspot.com. dan seperti email pada ulasan sebelumnya, pada website pun mereka tak segan mencatus sebuah nama perusahaan resmi atau asli agar para korban percaya. 

3. Jangan Melamar di Perusahaan yang Membuka Rekrutmen Lewat SMS Bahkan WhatsApp

Penipuan jenis ini termasuk sering kali terjadi, dan sangat mudah untuk ditemukan, jika kamu menemukan info lowongan kerja entah dari media sosial atau media lain yang berisi lowongan kerja dan mengharuskan kamu untuk mengirim cv dan dokumen lain lewat SMS bahkan whatsapp, maka hampir dipastikan 99% perusahaan tersebut merupakan perusahaan abal-abal.

Jangan pernah mengirimkan data diri kamu lewat sms apalagi whatsapp, tidak mungkin perusahaan resmi akan melakukan rekrutmen dengan cara tidak profesional seperti itu. 

Dan kamu juga perlu berhati-hati jika kamu mendapatkan SMS berupa panggilan tes atau interview dari sebuah perusahaan, ingatlah dengan benar, apakah kamu memang pernah memasukan lamaran di perusahaan tersebut atau tidak. Jangan mudah tertipu dan terkecoh  dengan cara ini ya

4. Hati-Hati Dengan Perusahaan Fiktif Yang Mencantumkan Foto Karyawan Maupun Hal-Hal Yang Berhubungan Dengan Perusahaan.

Jika kamu menemukan perusahaan yang mencantumkan foto dari karyawan maupun perusahaan, kamu harus berhati-hati karena bisa jadi perusahaan tersebut adalah perusahaan fiktif yang mengambil gambar dan foto dari google. Hal ini mereka lakukan untuk dapat meyakinkan para calon korban bahwa mereka merupakan perusahaan terdaftar dan bukan perusahaan abal-abal. 

Modus ini memang terbilang sulit untuk dideteksi, karena beberapa perusahaan memang mencantumkan foto karyawan mereka, untuk memperlihatkan kegiatan perusahaan maupun sebagai cara membangun citra. Namun tetap saja kamu harus berhati-hati jika menemukan perusahaan seperti ini. 

5. Jangan Melamar Pada Perusahaan yang Memberi Penawaran Gaji yang Terlampau Tinggi Alias Tidak Wajar. 

Jika kamu menemukan perusahaan yang menawarkan gaji menggiurkan dengan syarat kualifikasi seadanya, dan posisi biasa, maka kamu patut curiga bahwa hal tersebut merupakan salah satu modus penipuan. 

Hal ini mereka lakukan supaya para pelamar kerja tergiur akan penawaran tersebut dan mau memasukan lamaran. Padahal hal tersebut merupakan modus penipuan. Yang perlu kamu ketahui, perusahaan pada umumnya tidak akan menawarkan gaji yang begitu tinggi padahal persyaratan atau kualifikasi yang diminta tidak sesuai dengan gaji yang didapat.  

6. Hati-Hati Dengan Perusahaan Yang Mengundang Interview Jauh Dari Domisili Kamu

Jika kamu hendak memasukan lamaran pekerjaan pada perusahaan, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu alamat perusahaan termasuk alamat kantor cabang lewat website resmi perusahaan tersebut.

Karena kini banyak modus penipuan yang mengundang calon korban untuk melakukan tes atau interview di lokasi yang jauh dari domisili korban. Terlebih lagi jika lokasi tersebut tidak sesuai dengan area penempatan yang kamu lamar. Maka kamu wajib berhati hati, jika perlu jangan ragu untuk tidak melamar atau mengikuti rangkaian tes di perusahaan fiktif tersebut. 

Itulah daftar perusahaan yang perlu kamu hindari saat hendak melamar kerja, dan pastikan juga apakah perusahaan tersebut memiliki izin resmi atau tidak, jika kamu melamar pada perusahaan Fintech maka kamu akan lebih mudah mengecek apakah perusahaan tersebut memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  atau tidak, karena jika perusahaan tersebut resmi dan kredibel, maka perusahaan tersebut akan terdaftar di OJK.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perusahaan yang Sebaiknya Kamu Tidak Lamar"

Posting Komentar