Mengembangkan Potensi Karir Karyawan

Mengembangkan Potensi Karir Karyawan


Bentuk nyata dari pengembangan karir yang dilakukan oleh seorang karyawan di dalam perusahaan adalah mendapatkan promosi atau peningkatan jabatan. Setiap karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan tentu sangat menginginkan pengembangan karir. Hal tersebut dikarenakan apabila seseorang memiliki jabatan yang tinggi maka semakin tinggi pula kesejahteraan yang akan didapatkannya. 

Oleh sebab itu perusahaan harus melakukan pengembangan karir terhadap karyawan teladan yang berprestasi sebagai bentu penghargaan atas dedikasinya selama bekerja. Apabila perusahaan tidak melakukan pengembangan kepada karyawan maka akan sangat beresiko bagi kemajuan perusahaan karena perusahaan tersebut bisa ditinggalkan oleh para karyawan dan akan memengaruhi stabilitas dari perusahaan itu sendiri.

Untuk mengembangkan karir karyawan, perusahaan perlu melakukan beberapa langkah seperti memberikan pendidikan atau pelatihan kepada karyawannya, memberikan promosi kepada karyawan teladan, dan melakukan mutasi. Memberikan pendidikan atau pelatihan kepada karyawan dinilai sangat penting sebagai pondasi awal yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan menambah wawasan yang dimiliki oleh karyawan. 

Biasanya pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan berupa perencanaan karir, mentoring, atau rotasi pekerjaan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan tersebut. 
Apabila karyawan terus berkembang setelah diberikannya pelatihan maka perusahaan akan memberikan sebuah penghargaan berupa peromosi atau peningkatan jabatan. Biasanya peningkatan jabatan pun diikut dengan besar tanggung jawab yang tinggi yang harus dipikul oleh karyawan. 

Namun semua itu akan sebanding dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Mutasi sendiri merupakan proses perubahan jabatan ataupun tempat kerja yang dilakukan oleh perusaaan kepada karyawannya. Mutasi dilakukan untuk memindahkan karyawan pada posisi yang lebih tepat.

Pengembangan karir di dalam perusahaan sangatlah penting karena dapat berfungsi untuk membuat perputaran roda perusahaan berjalan dengan baik. Selain itu dengan adanya pengembangan karir, perusahaan dapat menekan tingkat pengunduran diri yang dilakukan oleh karyawannya. 

Karena alasan yang sering melatar belakangi proses pengunduran diri seorang karyawan adalah kurangnya kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk mengembangkan karir di dalam perusahaan. Sehingga ia akan memutuskan untuk mencari perusahaan lain yang akan memberikan jenjang karir yang lebih jelas dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi. 

Beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh karyawan apabila perusahaan memberikan kesempatan pengembangan karir adalah meningkatnya jaminan kesejahteraan, dapat meningkatkan rasa percaya diri, menambah relasi, dan karyawan akan lebih memahami passion yang dikerjakannya. Salah satu cara perusahaan dalam menjalankan program pengembangan karir adalah dengan bentuk memberikan jaminan kesejahteraan yang lebih tinggi karena jaminan kesejahteraan merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh karyawan. 

Perusahaan yang menjamin kesejahteraan hidup karyawannya akan membuat karyawan semakin giat dalam bekerja. Apabila kesejahteraan karyawan sudah terpenuhi dalam pengembangan karir maka karyawan pun akan merasa semakin percaya diri dan menunjukan kualitasnya dalam bekerja. Pengembangan karir pun akan membuat karyawan bertemu dengan orang-orang baru seiring dengan tingkatan jabatan yang diraihnya. Proses pengembangan karir pun akan semakin membuat karyawan memahami passionnya sehingga ia akan semakin produktif saat bekerja.

Namun pengembangan karir di dalam perusahaan tidak selalu mulus dan berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah alasan yang membuat karyawan kesulitan untuk mengembangkan karirnya di dalam sebuah perusahaan:

1. Dirinya takut akan melakukan kesalahan

Rasa percaya diri yang dimiliki setiap manusia berbeda-beda. Ada yang selalu berani mengambil langkah apapun yang ada di depannya ada pula yang tidak berani mengambilnya. Oleh sebab itu banyak karyawan yang melewatkan kesempatan emas untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi. Pelatihan-pelatian untuk membuat karyawan merasa lebih percaya diri harus dilakukan oleh perusahaan dalam program pengembangan karir. Tujuannya supaya karyawan mau mencoba sesuatu hal yang baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

2. Terlalu nyaman dengan pekerjaan yang dilakukannya

Terjebak di dalam zona nyaman menjadi penghambat pengembangan karir bagi karyawan. Ketika seorang karyawan terlalu nyaman dengan pekerjaan yang dilakukan olehnya maka ia akan disusul oleh karyawan lain yang bergerak cepat untuk mengembangkan karir dan mengambil banyak kesempatan. Hasrat berkompetisi yang rendah pun turut menjadi alasan lain yang membuat seorang karyawan sulit untuk mengembangkan karirnya di dalam perusahaan. Oleh sebab itu banyak karyawan yang melewatkan kesempatan emas untuk memiliki kesejahteraan yang lebih tinggi karena ia terlalu nyaman untuk mengerjakan pekerjaan yang sama yang telah dikuasainya.

3. Tidak diberikan kesempatan oleh perusahaan

Jika karyawan sudah memiliki semangat yang tinggi dan memberikan dedikasinya untuk perusahaan, maka usaha tersebut akan sia-sia jika perusahaan tersebut tidak memberikan kesempatan untuk mengembangan karirnya. Perusahaan yang tidak memberikan kesempatan terlihat dari caranya membatasi karyawan untuk berkreasi dan tidak menghargai ide-ide yang diusulkan oleh karyawan. Sehingga akan membuat kemampuan yang dimiliki oleh karyawan tidak akan berkembang dan sulit untuk mendapatkan kesempatan mengembangan karir di dalam perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembangkan Potensi Karir Karyawan"

Posting Komentar