Mengatur Gaji Pas Pasan yang Benar


Mengatur Gaji Pas Pasan yang Benar

Gaji besar tidak akan menjamin kehidupan yang memadai jika gaya hidupnya tidak sesuai dengan gajinya. Apalagi di zaman yang serba mudah, canggih dan modern. Semuanya terlalu mahal. Jika Kamu tidak pandai mengelola keuangan dan mulai menabung, nanti Kamu juga akan kesulitan. Terutama bagi mereka yang mendapatkan penghasilan biasa-biasa saja. Karena itu, berikut adalah beberapa tips atau cara efektif untuk mengelola keuangan yang dapat dilakukan untuk menghemat uang.

Di bawah ini adalah beberapa tip beserta penjelasannya yang dapat membantu dalam menghemat uang.

Kontrol Pengeluaran Menjadi Penghasilan Yang Setara Atau Lebih

Hampir semua orang ingin bisa bekerja di tempat yang bagus dengan gaji besar. Misalnya, menjadi pegawai kantoran atau pegawai negeri sipil (PNS). Dengan begitu kehidupan anaknya terjamin dan mampu karena gajinya besar. Namun, semua itu akan sia-sia ketika tidak diimbangi dengan penghematan.

Pertanyaan yang sering muncul di benak banyak orang adalah, Mengapa gaji bulanan tidak pernah bisa memenuhi kebutuhan selama sebulan? Jika Kamu ingin mengetahui caranya cukup mudah, lakukan saja perhitungan untuk semua pengeluaran untuk bulan berikutnya. Jadi, setiap kali Kamu menerima gaji, catat biaya yang dikeluarkan, seperti membayar cicilan untuk pakaian, sepeda motor, telepon seluler, rumah atau sebagainya, lalu catat juga berapa yang dihabiskan untuk pengeluaran dapur.

Catat semuanya dengan detail dan rinci. Dan jika satu bulan telah berlalu, hitung semua pengeluaran total, dan dari sana juga, Kamu akan mendapatkan jawaban mengapa gaji yang diterima tidak dapat memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Bisa jadi pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Cara mengatasinya adalah dengan melihat kembali daftar atau hasil perhitungan, pertimbangkan kembali jumlah barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu untuk menghemat pengeluaran.

Hindari gaya hidup mewah dan glamor tetapi tidak cocok dengan pendapatan. Terutama mereka yang memiliki gaji biasa-biasa saja tetapi tidak menyadari kemampuan mereka. Tetapi ceritanya akan berbeda jika Kamu ingin mengadopsi gaya hidup sederhana. Gaji 2 hingga 3 juta sebulan tentu dapat memenuhi kebutuhan selama sebulan.

Karena itu, kalaupun penghasilannya tidak besar dan bahkan biasa-biasa saja, mulai sekarang cobalah belajar hidup dengan gaya hidup yang sederhana atau paling tidak sesuai. Jika Kamu ingin membeli sesuatu, perlu dipertimbangkan lagi apakah barang tersebut benar-benar penting atau tidak. Selain itu, dengan menerapkan gaya hidup ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat uang dan membuat Kamu bebas dari jeratan hutang.

Dapat Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Ingatkan diri Kamu bahwa penghasilan Kamu terbatas atau biasa-biasa saja. Menahan diri ketika Kamu memiliki keinginan untuk membeli ini, itu hanya untuk mengikuti perkembangan zaman, bukan karena kebutuhan ini perlu dilakukan agar ekonomi dan gaji Kamu diselamatkan. Cara lain untuk menghemat pengeluaran adalah untuk dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Yang mana yang harus diutamakan? Jawabannya tentu saja suatu kebutuhan.

Sekarang sisihkan daftar keinginan Kamu dan buat daftar untuk kebutuhan hidup bulan depan. Setelah semua daftar kebutuhan terpenuhi, dengan sisa uang tersedia, dapat digunakan untuk hanya membeli barang-barang yang sudah lama diinginkan atau melakukan perjalanan dengan teman-teman.

Jangan Lupa Untuk Menabung Dengan Tekun

Tampaknya tidak berguna jika Kamu telah bekerja keras selama bertahun-tahun tetapi tidak memiliki tabungan sama sekali. Padahal menabung bisa menjadi sesuatu yang sangat penting dan bisa bermanfaat kapan saja. Sisihkan sedikit gaji bulanan Kamu untuk ditabung, terserah ingin menggunakan metode menabung di celengan atau menyimpan uang di bank. Selama kamu tetap menabung dan melakukannya secara teratur. Jadi, jika sewaktu-waktu ada yang mendesak tidak perlu lagi repot mencari pinjaman di sana-sini karena kamu sudah memiliki tabungan.

Uang untuk berbagai kebutuhan

Cara lain untuk menghemat uang adalah mengelompokkan uang sesuai dengan kebutuhan atau pengeluaran Kamu. Metode ini juga sering disebut sebagai metode amplop. Masukkan uang ke dalam beberapa amplop sesuai kebutuhan. Misalnya amplop satu untuk kredit atau kuota, kemudian amplop dua untuk pendidikan anak-anak dan uang saku anak-anak, amplop tiga untuk biaya listrik, amplop empat untuk keperluan dapur dan sebagainya.

Memang bagi sebagian orang metode ini tentu terlihat rumit. Namun, jika Kamu terbiasa, manfaat metode ini juga akan terasa. Dengan menerapkan metode ini Kamu dilarang keras mengambil uang dari amplop lain untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Jadi, Kamu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang karena dibagi menjadi beberapa kelompok. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang dan patut dicoba.

Simpan kembalian dan uang receh

Jika Kamu pernah berpikir bahwa sepeser pun tidak memiliki harga kamu salah besar. Meskipun nilainya kecil, jika dikumpulkan akan menjadi banyak, koin yang tidak memiliki nilai dapat menjadi penyelamat di pertengahan bulan atau ketika tanggal tua. Koin-koin ini dapat digunakan sebagai pelengkap jika ada kebutuhan yang belum dibeli tetapi uangnya kurang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatur Gaji Pas Pasan yang Benar"

Posting Komentar