Kampus Negeri Terbaik di Indonesia

Kampus Negeri Terbaik di Indonesia

Fakta bahwa sejumlah universitas peringkat teratas dalam daftar Universitas Indonesia Terbaik oleh Kemenristekdikti memiliki status negeri, membuktikan bahwa universitas negeri saat ini masih memiliki kualitas yang lebih baik daripada perguruan tinggi swasta.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, perlu menjadikan universitas negeri sebagai prioritas. Nah, apa saja universitas yang masuk dalam kategori universitas negeri terbaik saat ini? Berikut ini adalah peringkat dan profil singkat masing-masing kampus.

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau yang biasa disingkat ITB adalah universitas negeri di Bandung yang didirikan pada tahun 1959. Tahun lalu, Kemenristekdikti menempatkan ITB sebagai institusi tersier terbaik di Indonesia. Times Higher Education menempatkan ITB ke-165 dalam kategori universitas terbaik di negara-negara berkembang pada tahun 2019 (Universitas Peringkat Ekonomi Berkembang 2019). Sedangkan untuk kategori universitas terbaik di dunia, ITB berada di peringkat ke-35 di QS World University Ranking 2019.

Demikianlah profil singkat ITB dan beberapa pencapaian baru-baru ini. Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana Kamu di ITB, saat ini ITB memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 49 program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap program studi dan prosedur pendaftaran siswa baru, silakan kunjungi situs web resmi di www.itb.ac.id.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau yang biasa disingkat UGM adalah universitas negeri yang berlokasi di Bulaksumur, Yogyakarta dan telah berdiri sejak 1949. Universitas yang memiliki julukan 'kampus biru' ini memiliki banyak prestasi, baik di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, salah satu prestasi terbaru UGM berada di peringkat kedua dalam daftar Pendidikan Tinggi Terbaik di Indonesia pada tahun 2018 oleh Ristekdikti.

Saat berada di luar negeri, salah satu prestasi UGM berada di peringkat antara 251 hingga 300 untuk Universitas Terbaik di Negara Berkembang dalam Times Higher Education versi 2019. Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana Kamu di UGM, UGM saat ini memiliki 18 fakultas dengan berbagai program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap program studi dan prosedur pendaftaran siswa baru, silakan kunjungi situs web resmi di www.ugm.ac.id.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau biasa disingkat IPB adalah salah satu universitas negeri yang didirikan pada tanggal 1 September 1963 dan berlokasi di Bogor, Jawa Barat. IPB adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang telah menerima penghargaan terbanyak, baik di tingkat Indonesia maupun dunia.

Di tingkat Indonesia, IPB berada di peringkat ke-3 dalam daftar Universitas Terbaik Indonesia pada tahun 2018, peringkat ke-3 pada tahun 2017, peringkat ke-4 pada tahun 2016, dan peringkat ke-3 pada tahun 2015 (Pemeringkatan oleh Kemenristekdikti). Di tingkat dunia, IPB termasuk dalam 100 Universitas Terbaik di dunia menurut Peringkat Universitas Dunia QS oleh subjek Pertanian dan Kehutanan pada tahun 2018 dan peringkat ke-130 dari Peringkat Universitas Asia QS Asian 2018.

Untuk inovasi mereka, IPB menerima Penghargaan Widyapadhi Peringkat 1 Nasional dari Kemenristekdikti selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2018 dan 2017. Dan banyak penghargaan lain yang diterima IPB sejauh ini.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana Kamu di IPB, saat ini IPB memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 56 program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap program studi dan prosedur pendaftaran siswa baru, silakan kunjungi situs web resmi di ipb.ac.id.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat UI adalah universitas negeri di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1849, dan terletak di daerah Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Serangkaian penghargaan di tingkat lokal dan internasional dimenangkan oleh universitas yang jaket almamaternya berwarna kuning.

Di tingkat lokal, UI berada di peringkat ke-4 dalam daftar 2018 Universitas Indonesia Terbaik di Kementerian Riset dan Teknologi. Di tingkat internasional, UI berada di peringkat pertama di versi QS universitas-universitas Indonesia.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana Kamu di UI, saat ini UI memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 52 program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap program studi dan prosedur pendaftaran siswa baru, silakan kunjungi situs web resmi di www.ui.ac.id.

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau yang biasa disingkat Undip adalah universitas yang awalnya bernama Universitas Semarang (didirikan pada tahun 1956), dan pada tahun 1960 diganti nama oleh Ir. Sukarno menjadi Universitas Diponegoro. Seperti kampus negeri yang terkenal, Undip mengukir beberapa prestasi, baik di tingkat Indonesia maupun dunia.

Di dalam negeri, salah satu prestasi terbaru Undip adalah menduduki posisi ke-5 dalam daftar 2018 Universitas Indonesia Terbaik dalam versi Kemenristekdikti. Di tingkat dunia, Undip berada di peringkat di antara 801-1000 universitas terbaik di dunia dalam versi QS.

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana di Undip, Undip saat ini memiliki 11 fakultas yang terdiri dari 48 program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap program studi dan prosedur pendaftaran siswa baru, silakan kunjungi situs web resmi di www.undip.ac.id.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kampus Negeri Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar