Ingin Bekerja Keluar Negeri? Ini Caranya

Ingin Bekerja Keluar Negeri? Ini Caranya


Bekerja di luar negeri memang selalu diminati, hal ini lantaran penghasilan yang didapat umumnya lebih tinggi dibanding dengan penghasilan yang di dapat dari bekerja di Indonesia dengan posisi yang sama. Selain itu pengalaman juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik untuk bekerja di luar negeri. Jika kamu satu diantara banyak orang yang juga memiliki minat untuk dapat bekerja di luar negeri, berikut adalah cara yang bisa membantumu untuk mewujudkan tujuan mu tersebut.

1. Mengikuti Program Magang Atau Working Exchange

Salah satu cara untuk kamu yang ingin bekerja di luar negeri adalah dengan mengikuti program magang, biasanya program magang ini bisa kamu ikuti lewat kampus atau univesrsitas tempat kamu menimba ilmu, biasanya universitas akan melakukan kerja sama dengan pihak perusahaan atau lembaga luar negeri mengenai program magang ini, jika kamu masih duduk di bangku kuliah kamu bisa menjajal cara tersebut untuk menjadi jalanmu bekerja di luar negeri.

2. Mendaftar Sebagai Volunteer Pada Sebuah Proyek

Cara kedua bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di luar negeri adalah dengan menjadi volunteer, jenis pekerjaan ini disarankan untuk kamu yang memang ingin memiliki segudang pengalaman, jika kamu berniat bekerja diluar negeri untuk menghasilkan banyak uang, maka volunteer bukan jawaban yang tepat untuk tujuan mu tersebut. 

3. Menggunakan Jasa Yayasan

Cara selanjutnya untuk dapat bekerja di luar negeri adalah dengan cara bergabung melalui yayasan atau penyalur kerja, kini banyak sekali penyalur kerja luar negeri yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan impianmu di luar negeri, kamu bisa mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan serta dokumen yang dibutuhkan selanjutnya pihak jasa penyalur kerja akan membantu mu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

4. Mendaftar Pada Program Pemerintah

Kini pemerintah juga bekerja sama untuk mengirim tenaga professional ke luar negeri lo, salah satu negara yang sering bekerja sama dalam proses rekrutmen ini adalah Jepang, jika kamu ingin bekerja lewat cara ini, maka rajin-rajinlah mencari informasi perihal program kerja sama pemerintah dengan negara asing untuk penyaluran tenaga professional, kamu juga dapat memantau informasi resmi yang dikeluarkan dari KBRI. Keunggulan program seperti ini jauh lebih aman, karena merupakan program resmi pemerintah.

Selain cara untuk dapat bekerja diluar negeri kamu juga harus mempersiapkan diri bukan? beikut adalah hal penting yang perlu kamu siapkan jika ingin bekerja di luar negeri. 

Cari Informasi Sebanyak Mungkin Mulai Dari Sekarang

Jika kamu memang berniat untuk bekerja diluar negeri maka hal yang perlu kamu siapkan diawal adalah cari informasi selengkap mungkin, seperti negara tempat kamu akan bekerja, jenis pekerjaan apa yang akan kamu ambil, keahlian apa yang harus kamu persiapkan jika, kamu sudah memiliki tujuan yang lebih jelas, seperti target untuk bekerja di sebuah perusahaan, maka carilah segala informasi mengenai perusahaan luar negeri tersebut, kualifikasi seperti apa yang harus ada pada dirimu, sehingga kamu lebih siap saat mengajukan lamaran pekerjaan. Dan jangan lupa, hal yang perlu kamu ketahui juga perihal biaya hidup, serta cari pula informasi mengenai rekrutmen perusahaan yang akan kamu lamar

Lengkapi Dokumen yang Disyaratkan

Bagi kamu yang hendak melamar pekerjaan di luar negeri maka dokumen menjadi hal yang penting untuk kamu siapkan dari jauh-jauh hari. Misalnya dokumen imigrasi, paspor yang akan kamu gunkan untuk bekerja selama diluar negeri.

Selanjutnya kamu juga perlu untuk melengkapi dokumen penting lain, seperti ijazah, surat keterangan sehat, visa kerja, dan syarat dokumen lain yang menjadi syarat keberangkatan dan persiapan kerja kamu diluar negeri.

Buat rencanakan akomodasi

Akomodasi menjadi hal penting yang harus kamu rencanakan dari sekarang, tidak semua tempat kerja telah memfasilitasi akomodasi seperti tempat tinggal, jadi tak ada salahnya jika kamu mulai merencanakan akomodasi mu dari sekarang, terutama jika kamu memiliki teman di luar negeri yang dapat membantu kamu untuk menyiapkan akomodasi yang kamu perlukan selama tinggal di negara tersebut.

Cek Legalitas dan Kredibilitas Lembaga Perantara Yang Memfasilitasi Kamu Berangkat Ke Luar Negeri

Jika kamu hendak bekerja diluar negeri lewat lembaga penyalur kerja, maka kamu perlu cermat memilih lemabaga kerja mana yang dapat dipercaya dan terbukti memiliki kredibilitas, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan penipuan. Jangan sampai kamu memilih penyalur kerja yang salah, bisa–bsia bukannya kamu mendapat pekerjaan diluar negeri justru menjadi korban penipuan. 

Ikuti Kursus Bahasa Negara Tujuan

Hal yang perlu kamu persiapkan selanjutnya adalah dengan mepersiapkan kemampuan bahasa negara tempat kamu akan bekerja, setidaknya pastikan kamu bisa dasar-dasar bahasa negara tersebut, pada umumnya jika kamu memang ingin bekerja diluar negeri kemampuan bahasa yang harus kamu kuasai adalah bahasa inggris. Setidaknya kamu diharuskan memiliki sertifikat kemampuan berbahasa inggris yang dibuktikan lewat scor toefl atau eilts dan lainnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Bekerja Keluar Negeri? Ini Caranya"

Posting Komentar