Dampak Negatif Bermain Game Yang Tidak Kita Sadari



Dijaman yang modern ini bermain game merupakan salah satu hiburan yang menyenangkan untuk melepas penat ketika kita lelah akan aktivitas yang telah kita jalani. Bermain game pun dapat dilakukan oleh semua kalangan baik kalangan muda ataupun tua, akan tetapi tanpa kita sadari ada dampak negatif dalam bermain game yang cukup berbahaya tanpa kita ketahui. Lalu apa sajakah dampak negatifnya? berikut penjelasannya.

1. Kecanduan Game Online

Bermain game memang sangat menyenangkan akan tetapi tanpa kita sadari bermain game terlalu lama dan sering akan membuat kita kecanduan. Kecanduan dalam bermain game bukanlah hal yang bagus, justru kecanduan bermain game merupakan masalah yang harus ditangani dengan cukup serius, karena jika tidak ditangani dengan serius akan menyebabkan masalah lainnya contohnya saja terdapat kasus seorang remaja yang kecanduan dalam bermain game online sehingga lupa makan dan istirahat alhasil pemuda tersebut mati dalam keadaan mengenaskan. 

Selain itu kecanduan main game akan membuat para pemainnya lupa akan tanggung jawabnya, contohnya seorang pelajar yang kecanduan bermain game lupa akan tanggung jawabnya untuk belajar dan mengerjakan PR, hal tersebut akan membuat siswa itu nilainya menurun. So, mulai sekarang bijaklah dalam bermain game.

2. Radiasi Layar Smartphone

Jelas sekali bermain game yang terlalu lama akan membuat mata kita lelah, hal tersebut disebabkan karena mata kita terlalu lama menatap layar monitor handphone/pc. Salah satu tanda bahwa mata kita lelah adalah mata kita terasa sakit. Selain itu tanpa kita sadari terlalu seringnya kita menatap monitor membuat mata kita jarang berkedip. Untuk mengatasi hal ini cobalah beberapa menit untuk beristirahat ketika mata kita terasa mulai lelah dan jangan lupa untuk sering berkedip lalu meneteskan obat mata agar mata kita tidak kering. 

Dampak dari radiasi ini selain membuat mata kita lelah adalah membuat mata kita minus. Hal ini dapat terjadi karena tanpa kita sadari kita akan mendekat ke monitor ketika bermain game dan hal inilah yang membuat mata kita minus, sebaiknya ketika bermain game coba lebih perhatikan lagi posisi ketika akan bermain game dan usahakan mata jangan terlalu dekat dengan monitor.

3. Kurang Sosialisasi Akibat Game

Seringnya bermain game membuat seseorang lupa akan bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya, mereka cenderung akan lebih fokus main game ketimbang bersosialisasi. Hal ini dapat dilihat dari perilaku orang yang kecanduan akan bermain game, mereka tidak tahu bahwa sosialisasi dan bermain bersama teman jauh lebih menyenangkan ketimbang bermain game seorang diri.

4. Bukan menghilangkan Stres Tetapi Malah menambah Stres 

Ada beberapa orang yang setelah bermain game malah justru stres, lho kok bisa? hal itu disebabkan karena mereka bertujuan memenangkan perminan tetapi hal yang didapat justru sebaliknya alias mereka kalah, hal itulah yang membuat beberapa pemain game stres ketika bermain game karena tidak dapat mencapai tujuan yang mereka mau. 

Sebenarnya sah-sah saja berharap memenangkan permainan tetapi mereka harus sadar jika dibuatnya suatu permainan adalah untuk menghilangkan stres bukan malah untuk menambahnya, justru tambah aneh bukan jika kita bermain game untuk menghilangkan stres tapi malah stres kita bertambah. Kita harus ingat menang dan kalah dalam permainan itu sudah biasa, jangan sampai kita terbawa akan suasana.

5. Gangguan Mental Karena Game

Point yang ini masih berkaitan dengan point sebelumnya. Mungkin kamu yang membaca artikel ini akan terkejut, memang terdapat beberapa kasus yang menyebabkan orang mengalami gangguan jiwa karena main game seperti mereka yang tidak menang-menang dalam bermain game dan mereka yang kurang istirahat adalah yang paling rentan terkena gangguan mental. So from now, batasilah waktumu untuk bermain game karena kamu harus sadar jika kesehatanmu jauh lebih berharga daripada sebuah permainan.

6.Membuat Tidak konsentrasi

Bermain game yang terlalu sering membuat kita kesusahan akan berkonsentrasi, itu terjadi karena kita terlalu fokus akan game saja sehingga diotak kita isinya game, game dan game saja. Hal ini membuat aktifitas kita juga terhambat bayangkan saja ketika kita sedang bekerja lalu dipikiran kita hanya ada game dan game pasti akan membuat pekerjaan kita berantakan. 

Jika hal tersebut sudah terjadi pasti akan sangat sulit dan mengganggu, jadi mulai sekarang batasilah dalam bermain game dan mulai fokuslah terhadpa hal-hal yang jauh lebih penting seperti bekerja ataupu belajar bagi para siswa/siswi.

Diakhir artikel ini kami berharap apa yang kami sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat bagi para pembaca semua, semoga kita lebih bijak lagi dalam bermain game. Meskipun banyak dampak negatif dari bermain game tetapi ada juga dampak positifnya, seperti jika pembaca hobi sekali bermain game maka pembaca dapat menjadi atlet E-sport.

Selain dapat bermain game pembaca juga dapat menghasilkan uang dari hobi tersebut tetapi kamu juga harus ingat bahwa bijaklah dalam bermain game karena sejatinya bermain game memberikan hiburan pada kita bukan justru sebaliknya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Negatif Bermain Game Yang Tidak Kita Sadari"

Posting Komentar