Tips Berolahraga yang Baik Bagi Karyawan Sibuk

Berolahraga yang Baik Bagi Karyawan Sibuk
Apakah Anda orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk rajin berolahraga? Saking sibuknya dengan kegiatan sehari-hari, ada orang yang sering lupa soal kesehatan. Bahkan, tidak mempedulikan hal ini dapat menyebabkan penyakit yang pada akhirnya menghambat aktivitas.

 Agar tidak sakit di tengah-tengah aktivitas yang intens, penting untuk menjaga keseimbangan dengan gaya hidup sehat bahkan ketika Anda sedang sibuk. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah berolahraga untuk menjaga metabolisme tubuh.

Mempertahankan kecepatan metabolisme tubuh sangat penting untuk kesehatan. Karena proses ini melibatkan pembakaran kalori yang kemudian diolah menjadi energi untuk kegiatan modal harian. Ketika seseorang berhenti berolahraga, proses metabolisme akan berkurang atau melambat. Inilah yang membuat kemampuan tubuh membakar kalori terganggu.

Akibatnya, seseorang akan menjadi lebih cepat gemuk. Efek buruk lainnya, bisa jadi cikal bakal penyakit kronis, seperti kadar kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Hal lain yang sangat munkin bisa diatasi dengan berolahraga adalah stres dan depresi. Terlalu sibuk dan lelah, memudahkan kedatangan kondisi ini. Salah satu cara terbaik untuk memblokirnya adalah dengan berolahraga.

Bagi Anda yang sibuk, olahraga tetap penting agar kesehatan dan kebugaran tetap terjaga. Jika Anda kesulitan menemukan waktu khusus untuk berolahraga, solusinya adalah memanfaatkan waktu luang di antara berbagai rutinitas harian.

Sebagai informasi, kesehatan tulang bisa dijaga dengan berolahraga. Penelitian telah menemukan bahwa gaya hidup sehat dengan olahraga teratur, terutama bagi wanita, telah terbukti meningkatkan kepadatan dan kekuatan otot. Hal ini diungkapkan oleh tim dari National Institutes of Health (NIH) Osteoporosis dan Penyakit Tulang Terkait dari Pusat Sumber Daya Nasional.

Mengingat manfaat ini, ada baiknya untuk mulai menghitung olahraga sebagai rutinitas untuk memulai hidup yang sehat. Jika Anda cenderung takut lelah, carilah olahraga sederhana terlebih dahulu. Jogging pendek atau jalan kaki selama 30 menit sehari bisa menjadi ide untuk memulai kebiasaan itu. 

Namun, Anda harus melakukannya secara teratur. Misalnya, dengan menjalani latihan ini 3-5 kali seminggu. Lalu, jadikan olahraga itu hal yang menyenangkan. Mengundang teman bisa menjadi alternatif agar Anda tidak cepat bosan dengan mengobrol. Jadi, mulailah berolahraga mulai sekarang meskipun Anda sibuk.

Lihatlah pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan di tengah-tengah jadwal sibuk Anda, yaitu:

1. Regangkan dan duduklah di tempat tidur

Latihan membentang tepat saat Anda baru bangun tidur. Caranya adalah merentangkan lengan kiri sambil menekuk kaki kiri ke kanan selama setengah menit, lalu alihkan posisi lengan dan kaki Anda. Lakukan terus menerus secara bergantian. Peregangan ini bisa dilakukan selama dua menit. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan sit up setidaknya 10 kali. Anda bisa berlebihan jika Anda merasa bisa.

2. Plyometrics olahraga

Latihan plyometrics adalah aktivitas yang menggerakkan tubuh secara aktif dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan lompatan jongkok di tempat atau menggabungkannya dengan melompat di bangku. Bagi Anda yang sibuk, bisa melakukan latihan jenis ini sambil menonton televisi atau sebelum mandi sepulang kantor.

3. Senam di tempat

Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan senam di tempat sambil berdiri di jam-jam tidur yang rawan, yaitu antara dua hingga empat sore. Anda dapat mengusulkan kepada atasan atau personel Anda di kantor untuk menghabiskan lima hingga sepuluh menit pada jam-jam rentan ini setiap hari kerja. Senam yang bisa dilakukan antara lain peregangan dan lari di tempat. Ini juga berguna untuk membuat karyawan bersemangat dan meningkatkan produktivitas mereka setelah tubuh disegarkan.

4. Angkat beban di rumah

Jika Anda ingin berolahraga sambil perlahan membentuk dan bersantai di rumah, Anda bisa menggunakan dumbbell. Lakukan pemberat sebelum sarapan, sebelum mandi, atau ketika Anda menonton acara favorit di televisi. Berbeda dengan plyometrics yang dilakukan secara aktif dan cepat, Anda bisa melakukan ini dengan lebih santai.

5. Pergi ke gym di kantor atau sekitarnya

Anda dapat mengunjungi gym di kantor atau di sekitar kantor. Waktu yang tepat untuk menggunakan fasilitas gym adalah tengah hari saat jam istirahat, tepat sebelum makan siang, karena gym cenderung sepi pada jam itu. Lakukan olahraga selama maksimal 15 menit dan kembali makan siang di kantor atau ruang makan.

Itulah beberapa jenis olahraga yang mudah Anda lakukan di tengah kesibukan. Dengan menggerakkan tubuh Anda banyak, Anda dapat menjaga tubuh Anda bugar dan sehat secara bersamaan. 

Nah, jadi itulah dia Tips Berolahraga yang telah kami sajikan bagi Anda orang-orang yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tips Berolahraga yang Baik Bagi Karyawan Sibuk"

Posting Komentar