Skil yang di Perlukan Dalam Kerja Kantoran

Skil yang di Perlukan Dalam Kerja Kantoran
Dalam kerja kantoran kita harusnya memiliki beberapa skill yang di butuhkan. Khusus untuk pekerja kantoran harusanya memiliki beberapa soft skill yang harus di miliki. Apa itu soft skill?

Soft skill berhubungan dengan serangkaian keterampilan yang dimiliki oleh seseorang, yang akan membuatnya menjadi karyawan yang baik terlepas dari di mana dia bekerja atau apa yang dia lakukan. Ketika berpikir tentang soft skill, kita berpikir tentang kualitas kepribadian, sikap, perilaku baik yang tercermin dalam kata-kata dan tindakan, dan kebiasaan yang akan membuat seseorang nyaman untuk bekerja bersama, dan merupakan anggota tim yang berharga.

Keterampilan lunak apa yang dibutuhkan karyawan untuk mendukung kesuksesan kariernya. Setidaknya sikap dan keterampilan berikut adalah persyaratan standar yang layak diterima karyawan.

Sikap Positif

Sikap positif dapat menyebabkan seseorang melakukan hal-hal menakjubkan dengan membawa unit kerja atau bahkan perusahaan berpaling dari kinerja buruk menjadi lebih baik. Sikap positif karyawan dapat menimbulkan kecanduan di kalangan pengusaha. Tentu saja sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan sebanyak mungkin karyawan yang memiliki sikap mental positif, karena tidak perlu bagi banyak orang untuk menghancurkan unit kerja atau perusahaan.

Sikap positif dapat dimulai dengan pikiran positif terlebih dahulu. Setiap kali dia menghadapi tantangan atau cobaan, dia selalu melihatnya dari sudut pandang positif, kebijaksanaannya diambil. Kegagalan tidak dianggap sebagai akhir dari segalanya, tetapi merupakan alat yang akan membuatnya lebih kuat.

Etika Kerja yang Kuat

Mempekerjakan orang yang memiliki etos kerja yang kuat adalah kunci keberhasilan bagi para pengusaha. Sayangnya etos kerja yang kuat ini tidak bisa diajarkan. Ketika seseorang masuk ke suatu organisasi, akan terlihat apakah dia memiliki etos kerja yang kuat atau tidak. Memang etos kerja ini lebih dipengaruhi oleh faktor lingkungan tempat seseorang dibesarkan. Seorang ayah yang seorang wirausahawan umumnya akan menularkan etika kerja yang kuat kepada anak-anaknya.

Faktor bawaan ini sepenuhnya di luar kendali majikan, apa pun pelatihan yang diberikan atau pengawasan yang dilakukan padanya. Karena itu ada kelompok etnis tertentu yang memiliki etos kerja yang kuat, seperti Jepang, Korea, dll.

Komunikasi dan Hubungan dengan Orang Lain

Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu senjata untuk berhasil dalam karier. Seorang karyawan perlu tahu bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan penyelia, rekan kerja, dan pelanggan. Banyak orang pintar yang akhirnya bekerja untuk teman-teman kampusnya yang paling bodoh, hanya karena orang yang lebih pintar melobi atau berkomunikasi dengan mitra bisnis.

Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan

Karena masalah selalu ada dan tidak dapat dihindari, karyawan yang dapat menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi sehari-hari, akan sangat berguna bagi perusahaan. Karyawan yang tidak mampu menyelesaikan masalah tertentu, tetapi ingin mencari bimbingan juga baik sehingga mereka akan menjadi karyawan yang kompeten dan tepercaya.

Keterampilan Manajemen Waktu

Sebagai karyawan yang berorientasi pada hasil, keterampilan dalam mengatur waktu adalah kunci untuk dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Ada saat-saat ketika kita memiliki kolega yang sangat perfeksionis, pekerjaannya bagus, tetapi waktu pemrosesan bisa ditunda dua atau tiga kali dari yang seharusnya. Tipe ini lebih cocok untuk bekerja secara mandiri sebagai artis, dan bukan karyawan yang diharuskan tenggat waktu.

Bekerja di perusahaan harus berpacu dengan waktu, karena perusahaan memiliki target yang harus dicapai. Target diturunkan ke level karyawan.

Fleksibilitas

Cara perusahaan melakukan bisnis di pasar kompetitif saat ini dapat berubah setiap saat. Ini adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang akan membantu organisasi bergerak maju dan mampu bertahan. Jika perlu, perusahaan harus mengubah lini produknya agar tetap diterima di pasar. Perubahan seperti ini membutuhkan karyawan yang juga dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan baru.

Bekerja dalam Tim

Di masa lalu, karyawan sering mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka untuk bekerja secara mandiri atau terlibat dalam tim. Namun belakangan ini banyak pekerjaan yang membutuhkan kerja tim untuk diselesaikan, meskipun ada juga kebutuhan untuk menyelesaikan tugas individu. Setidaknya bekerja dalam tim akan memiliki lebih banyak peluang.

Keterampilan Komputer

Hampir setiap pekerjaan saat ini membutuhkan pengetahuan komputer dasar dan pemahaman teknologi. Apakah pekerjaan itu hanya mencatat, menguasai spreadsheet, atau presentasi, pengusaha ingin karyawan mereka mampu melakukan semuanya. Keterampilan ini diperlukan ketika seseorang harus membuat laporan pekerjaan. Pendapat lain termasuk keterampilan penguasaan komputer sebagai keterampilan keras.

Keterampilan Prioritas

Karyawan yang melakukan pekerjaan rutin sehari-hari harus dapat membuat urutan untuk menyelesaikan tugas mereka dalam waktu sesingkat mungkin. Menentukan prioritas menjadi penting ketika ada pekerjaan yang mendesak dan ada pekerjaan yang bisa ditunda sebelumnya.

Keyakinan

Karyawan yang percaya diri dapat melindungi diri mereka sendiri dari berbagai tantangan yang dialami di tempat kerja. Percaya diri memberi karyawan dorongan yang kuat ketika mengejar tujuan pribadi dan organisasi.

Kesediaan untuk Menerima Kritik Konstruktif

Selalu ada ruang bagi setiap karyawan untuk tumbuh dan belajar. Karyawan yang dapat menerima kritik atau masukan dapat menggunakannya untuk meningkatkan kinerja mereka sehingga mereka akan dipandang sebagai anggota tim yang berguna untuk organisasi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Skil yang di Perlukan Dalam Kerja Kantoran"

Posting Komentar