Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis

Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis
Bisnis bukanlah hal yang mudah, bahkan banyak bisnis mengalami gagal pada tahun ke 1-5, bukan tanpa sebab sebuah bisnis bisa gagal melainkan karena banyaknya faktor yang membuat bisnis tidak berjalan dalam waktu lama alias.mengalami kegagalan  Jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan pada bisnis mu maka kamu perlu mengetahui apa saja penyebab kegagalan dalam bisnis.

1.    Tidak Adanya Perencanaan

Jika kamu berpikir bahwa modal utama untuk melakukan bisnis adalah semangat, maka siap-siaplah mengalami kegagalan dalam bisnis mu, semangat tanpa perencanaan dalam bisnis adalah buang-buang waktu. Karena bisnis mu pasti akan berakhir dengan cepat, bahkan tidak melewati waktu 1-5 tahun. Perencanaan yang perlu Kamu pikirkan dengan matang adalah harga produksi, modal, lokasi, survei pasar, strategi promosi, target pasar dan perencanaan lainnya sehingga bisnis Kamu akan lebih terarah,karena kamu tahu langkah apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya.

2. Tidak Melakukan Riset Pasar

Banyak para pengusaha atau pebisnis mengalami kegagalan dikarenakan tidak melakukan riset pasar, padahal riset pasar sangatlah penting untuk dilakukan, riset pasar ini berguna untuk melihat seberapa banyak peminat dari produk yang mau kamu pasarkan, jangan sampai kamu menjual produk yang tak ada peminat belinya, tentu saja usahamu akan gagal, jadi lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. jika kamu tidak tahu caranya untuk melakukan riset pasar, kamu bisa meminta jasa ahli yang memang telah berkecimpung dalam dunia riset seperti ini.

3. Pemasaran Yang Tidak Tepat

Pentingnya melakukan perencanaan seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, akan mempengaruhi mu untuk menyusun strategi pemasaran yang sesuai, dengan perencanaan yang telah kamu buat, termasuk tahu siapa target pasar mu, akan mempermudah kamu untuk melakukan pemasaran, seperti media apa yang dapat memaksimalkan untuk memperkenalkan serta menjual produk yang kamu jual, jangan sampai kamu membuang uang untuk sesuatu yang tidak ada manfaatnya, strategi promosi dan pemasaran bukan soal seberapa sering kamu melakukan kegiatan pemasaran, tapi seberapa efektif pemasaran yang kamu lakukan, jadi pastikan untuk tidak membuang banyak waktu, tenaga serta uang untuk sesuatu yang sia-sia. Jadi pikirkan dan gunakan strategi pemasaran seperti apa yang cocok dengan bisnis yang kamu geluti.

4. Manajemen Yang Salah

Dalam sebuah bisnis, kamu perlu tahu bagaimana caranya melakukan management yang baik, jangan malas untuk membuat berbagai catatan serta arsip dari setiap transaksi yang telah dilakukan, selain itu kamu juga perlu mencatat strategi bisnis yang telah kamu lakukan, lalu evaluasilah strategi itu, apakah cukup membawa dampak, atau masih memiliki kelemahan, sehingga kamu bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

5. Rendahnya Pengetahuan Tentang Pengelolaan Keuangan

hal terpenting dari bisnis adalah pengelolaan keuangan jangan sampai kamu tidak melakukan pencatatan transaksi, pemasukan dan pengeluaran perusahaan karena hal tersebut dapat mempengaruhi jalannya bisnis Kamu. Dengan adanya laporan keuangan Kamu dapat melihat dengan jelas besarnya pengeluaran dan pemasukan sehingga Kamu juga dapat melihat biaya mana yang bisa dipangkas atau tidak, dan yang terpenting pisahkan kebutuhan bisnis dengan kebutuhan pribadi Kamu, jangan sampai uang bisnis Kamu gunakanan untuk kepentingan dan keperluan pribadi.

6. Pegawai Yang Tak Terkendali

jika Kamu baru memulai bisnis, maka jangan sampai Kamu merekrut pegawai terlalu banyak, rekrutlah pegawai sesuai dengan kebutuhan saat ini, banyaknya pegawai tidak menjamin akan meningkatkan kualitas  bisnis Kamu bahkan meningkatkan penjualan, bisa-bisa Kamu malah terjebak dalam permasalahan kepegawaian karena Kamu terlalu banyak meng-gaji orang yang sebenarnya belum Kamu butuhkan, sehingga pengeluaran atau biaya bisnis Kamu menjadi membengkak. Jika Kamu ingin memiliki banyak pegawai maka waktu yang tepat adalah saat banyaknya permintaan pasar terhadap produk mu, dan pegawai Kamu saat ini tidak bisa memenuhi permintaan tersebut. dan pastikan Kamu merekrut orang yang memang mengerti dan pengalaman dibidang pekerjaan tersebut.

7. Tidak Menyikapi Feedback Dengan Baik

Berbagai macam respon dari pembeli tentu beragam, tak hanya respon positif namun terkadang berupa kritik dan ketidakpuasan atas produk yang telah dibelinya, maka yang perlu kamu lakukan jangan pernah mengabaikan feedback yang kamu dapatkan, terima semua feedback tersebut untuk membuat kualitas produk dari bisnis mu semakin meningkat, jangan respon negatif setiap kritik dan ketidakpuasan konsumen jika perlu respon secara langsung, jika konsumen meninggalkan review kurang baik pada marketplace atau tempat pemasaran produk Kamu maka jangan ragu untuk berkomunikasi dan meminta maaf karena produk yang dikirim masih memiliki kualitas yang belum sesuai dengan pesanan konsumen tersebut. dan pastikan jangan mengulangi kesalahan yang sama.

8. Terlalu Cepat Menarik Uang

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis, jangan sekali kali untuk tergoda menghabiskan hasil keuntungan dari bisnis Kamu, karena perilaku tak terkendali seperti itu dapat membuat bisnis Kamu bangkrut, setiap bisnis pasti memiliki masa naik turun, ada masanya dimana Kamu harus menggunakan hasil keuntungan bisnis Kamu untuk menutupi biaya bisnis yang diperlukan, namun jika keuntungan telah habis dipakai dan modal Kamu sudah habis, maka yang tersisa adalah berjuang agar bisnis Kamu tidak sampai gulung tikar.

Itulah beberapa penyebab kegagalan dalam berbisnis. Semoga dapat bermanfaat bagi kita yang baru mau memulai usaha dari awal.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis"

Posting Komentar