Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

penyebab bau mulut dan cara mengatasinya
Mulut menjadi tempat masuknya berbagai makanan yang kita makan setiap hari. Oleh karena itu di dalam mulut akan banyak terdapat banyak zat yang bercampur sehingga akan menyebabkan bau mulut. Kita sebagai manusia sudah seharusnya untuk menjaga kesehatan mulut kita agar bisa terhindar dari bau mulut. Selain dengan melakukan sikat gigi setiap 2x sehari ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk terhindar dari bau mulut.

Bau mulut sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika mengobrol dengan orang lain. Penyebab dari bau mulut ada berbagai macam, sebagian besar bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Namun ada juga beberapa penyebab dari bau mulut lainnya seperti : 

Mulut kering yang di sebabkan terganggunya produksi air liur akibat banyak nakteri yang menumpuk dalam rongga mulut
Gangguan saluran pencernaan yang di sebabkan oleh sama lambung dan maag
Adanya penyakit seperti diabetes, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan

Selain itu bau mulut juga bisa di sebabkan karna merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu dan kekurangan asupan karbohidrat.

Cara untuk menghilangkan bau mulut

Bau mulut ini menjadi suatu hal yang tidak mengenakkan bagi pemiliknya ataupun bagi orang lain di sekitarnya. Tentu kondisi ini sangat di hindari oleh banyak orang. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara praktis yang bisa anda gunakana untuk menghilangkan bau mulut.

Sikat gigi 2x sehari dengan teratur

Sikat gigi merupakan suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mulut kita, Selain untuk membersihkan gigi, aktifitas sikat gigi akan juga membantu menghilangkan bau mulut. Karna di dalam pasta gigi terdapat banyak zat yang bisa membantu kita menghulangkan bau mulut. Jadi dengan anda melakukan sikat gigi secara teratur 2x sehari anda akan bisa terhindar dari bau mulut. Tentu makanan yang anda konsumsi harus tidak boleh sembarangan untuk menjaga kesehatan mulut anda.

Ganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali

Dari semua yang sudah kita tau, kemanfaatan dari menyikat gigi sudah tidak perlu di tanyakan lagi. Namun anda tidak boleh lupa untuk mengganti alat yang anda gunakan untuk menyikat gigi anda. Gantilah sikat gigi anda secara teratur setidaknya 2 bulan sekali. Agar kondisi dari sikat gigi anda tetap istimewa dan tetap memberikan manfaat yang banyak terhadap kesehatan mulut anda.

Bersihkan lidah dengan air bersih setelah bangun tidur

Tidur merupakan suatu kondisi dimana tubuh kita melakukan istirahat. Oleh karena itu semua bakteri yang ada di mulut kita akan cepat berkembang di saat kita tidur. Jadi bersihkan lidah anda dengan air bersih setiap kali anda bangun tidur untuk membunuh bakteri yang sudh menumpuk di mulut anda.
Lepas dan bersihkan gigi palsu jika anda menggunakannya

Faktor lain yang menyebabkan bau mulut adalah penggunaan gigi palsu. Jika anda menggunakan gigi palsu rajinlah untuk selalu membersihkannya. Karna bakteri akan dengan sangat mudah menumpuk di gigi palsu anda. Bersihkan gigi palsu anda dengan rutin dan secara detail.

Kunyah kulit jeruk atau lemon

Jeruk atau lemon mengandung zat yang bisa menghilangkan bau mulut. Dengan rasanya yang kecut ini akan sangat isa menetralisir bau mulut yang terjadi. Jadi tidak ada salahnya jika anda mengunyah salah satu dari buah ini. Karna buah ini akan memancing keluarnya air liur yang bisa mengurangi bau mulut.

Cek kesehatan gigi setidaknya 6 bulan sekali

Menjaga kesehatan gigi tidak smerta merta bisa di lakukan sendiri, anda juga perlu memanfaatkan adanya dokter gigi untuk mengexek kesehatan gigi dan mulut anda. Dengan anda melakukan pengecekan secara teratur, anda akan tau kondisi dari gigi dan mulut anda. Sehingga anda bisa meminimalisir masalah yang terjadi dalam mulut anda.

Berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi yang berlebihan

Rokok dan kopi mengandung zat yang bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu jika anda ingin menghilangkan bau mulut tidak ada salahnya jika anda mengurangi merokok dan minum kopi. Namun jika anda tidak bisa menguranginya, jadi anda harus lebih sering melakukan sikat gigi agar bakteri yang di hasilkan oleh rokok dan kopi bisa langsung di netralisir. Jika tidakm tentu banteri tersebut akan terus menumpuk dalam mulut anda.

Sering minum air mineral

Air mineral mengandung banyak zat yang bisa membantu kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi banyak air mineral ini akan juga membantu menghilangkan bau mulut yang ada.

Perhatikan juga apa saja yang akan anda makan dan minum. Hindari sering mengkonsumsi bawang putih, susu, telur dan kopi. Jadi anda haruslah pintar memilih makanan dan minuman yang akan anda konsumsi agar terhindar dari bau mulut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar