Makanan yang Bikin Ngantuk Bekerja


Makanan yang Bikin Ngantuk Bekerja
Bekerja adalah kegiatan yang bagi kebanyakan orang telah menjadi rutinitas sehari-hari. Dan kantuk adalah sesuatu yang sangat umum bagi semua orang untuk merasakan pada waktu yang tidak terduga. Bisa jadi rasa kantuk ini datang saat kita bekerja. Ini disebabkan oleh banyak faktor yang bisa membuat kita mengantuk saat kita bekerja. Salah satunya adalah makanan. Nah makanan juga sangat berpengaruh pada tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi dapat menjadi penyebab kantuk kita yang mudah.

Untuk itu usahakan jangan mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan kantuk yang berlebihan. Contohnya adalah sebagai berikut:

Nasi putih

Makan dengan sepiring nasi putih akan mengisi perut Kamu. Namun setelah makan, itu bisa membuat Kamu mengantuk. Mengapa demikian? Karena nasi putih memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan perut Kamu merasa kenyang dan Kamu menjadi lemas dengan cepat. Akibatnya Kamu menjadi mengantuk dan membuat Kamu malas bekerja.

Makanan cepat saji

Emang tidak bisa memungkiri nama fast food alias junk food ini bisa dibilang tidak ada lawannya menjadi teman ngemil terutama di tempat kerja. Krispi-krispi dan rasanya yang lezat bisa membuat kita lebih fokus makan daripada bekerja.

Namun di luar itu, ada satu alasan mengapa makanan cepat saji mungkin tidak menjadi pilihan camilan untuk Kamu saat bekerja. Karena makanan cepat saji berpotensi membuat Kamu cepat mengantuk di tempat kerja dan menjadikan hari Kamu tidak produktif. Hal ini disebabkan dalam junk food ada bahan tambahan, perasa buatan dan pengawet yang tinggi. Kamu tahu bahwa ketiga zat itu saja tidak baik untuk tubuh.

Roti tawar

Banyak pekerja kantoran yang menjadikan alasan bahwa dari pada menyimpan gorengan di atas meja kantor, mereka lebih banyak memilih menyimpan roti tawar. Memang benar bahwa roti tawar bisa di jadikan cemilan saat kita bekerja karna kepraktisannya.

Namun dalam selembar roti terdapat karbohidrat dengan tingkat glikemik yang tinggi. Roti tawar dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga akan memicu rasa lelah dan kantuk saat bekerja.

Susu

Bagi Kamu yang tidak suka kopi, mungkin susu atau produk olahan serupa adalah pilihan untuk menemani Kamu sehingga Kamu tidak tidur saat bekerja. Tapi tahukah Kamu bahwa susu justru bisa membuat Kamu lebih cepat mengantuk?

Ya, dalam segelas susu ada serotonin. Serotonin adalah jenis hormon yang akan memberikan perasaan nyaman dan senang. Selain itu, lemak dalam susu juga bisa terkubur di dalam tubuh yang membuat Kamu sangat malas. Karena itu, jika Kamu masih ingin mengonsumsi susu, cari susu rendah lemak dan juga dengan sedikit bergerak.

Permen

Memiliki beragam rasa mulai dari yang manis, asam, hingga mint, dipercaya membuat mata melek sepanjang hari saat bekerja.
Namun sayangnya meski digadang-gadang sebagai penghilang tidur, permen justru menjadi salah satu makanan yang menyebabkan kantuk di tempat kerja. Glukosa yang tinggi dalam permen akan meningkatkan produksi insulin.

Peningkatan insulin akan menekan kadar glukosa sehingga glukosa menurun. Sekarang penurunan glukosa yang sudah terlalu cepat dalam waktu singkat ini yang kemudian berdampak pada kelelahan dan kantuk. Jadi jangan heran jika saat Kamu makan permen, Kamu menjadi bersemangat dan kenyang, tetapi setelah itu Kamu lelah dan bahkan lapar.

Pizza

Makanan cepat saji ini adalah camilan paling enak di tempat kerja. Rasanya gurih dan teksturnya yang padat menjadi teman sejuk bagi ngunyah di tempat kerja, terutama karbohidrat dan lemak tinggi, yang pastinya menjadikan pizza camilan yang mengenyangkan.

Namun di balik pizza yang lezat, cemilan itu justru akan membuat Kamu mengantuk cepat di tempat kerja. Karena makanan Barat ini membuat peningkatan lemak tubuh secara signifikan. Akumulasi lemak ini pada akhirnya membuat tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses dan membakarnya menjadi energi. Jadi ketika pizza dimakan di tempat kerja itu akan membuat Kamu mengantuk lebih cepat.

Pisang

Seperti kita ketahui bahwa makanan dari alam seperti sayur dan buah tidak buruk untuk kesehatan. Bahkan, beberapa ahli kesehatan sudah mulai mendorong orang untuk hidup sehat dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

Namun khusus untuk buah yang satu ini alias pisang, ada jam-jam tertentu di mana Kamu tidak boleh mengkonsumsinya. Pisang tidak disarankan untuk cemilan, terutama saat bekerja. Makan pisang di tempat kerja bisa membuat Kamu lebih cepat mengantuk. Karena pisang memiliki fungsi untuk mengendurkan otot atau dengan kata lain membuat tubuh rileks.

Saat Kamu mengonsumsi pisang saat bekerja, perasaan santai yang diberikan pisang akan membuat Kamu lebih cepat lelah dan mengantuk. Jadi saat kamu bekerja di kantor jika bisa kurangi terlalu banyak makan pisang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang Bikin Ngantuk Bekerja"

Posting Komentar