Investasi Yang Cocok Bagi Karyawan

Investasi Yang Cocok Bagi Karyawan

Investasi adalah cara seseorang untuk mengelola keuangan dengan mengalokasikan sebagian asetnya ke instrumen investasi. Dengan harapan agar modal yang diinvestasikan dapat kembali dengan jumlah yang lebih besar atau mendapat untung di masa depan.

Investasi sendiri dapat dibandingkan dengan menanam pohon sehingga kamu dapat tumbuh besar dan kapan saja kamu dapat memetik buah atau menjual kayu.

Memulai investasi sejak usia muda sangat penting terutama bagi karyawan lulusan SMA atau yang sederajat. Dimana latar belakang pendidikan ini masih mendominasi tenaga kerja Indonesia dan pendapatan yang lebih rendah.

Karena tidak hanya menyiapkan keuangan di masa depan, tetapi juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara. Jadi sebagai generasi milenial, seharusnya tidak hanya menekankan gaya hidup dan kesenangan, tetapi juga memahami tentang ekonomi termasuk perencanaan keuangan.

Tetapi bagi orang yang masih asing dalam berinvestasi, mereka mungkin berpikir bahwa berinvestasi adalah sesuatu yang mengerikan dan membutuhkan banyak uang untuk melakukannya. Sehingga hanya "orang besar" yang bisa melakukannya, walaupun itu tidak benar karena sekarang bahkan dengan 10.000 rupiah kita bisa memulainya.

Bagi mereka yang baru mengenal mereka mungkin bertanya jenis investasi apa yang dapat menghasilkan laba dengan cepat, ingat berinvestasi bukanlah cara yang tepat untuk menghasilkan uang dan menjadi kaya dengan cepat.

Karyawan biasa yang mendapatkan penghasilan biasa-biasa saja tentu juga perlu melakukan kegiatan investasi untuk menunjang kehidupan di hari tua. Memiliki investasi yang dilakukan lebih awal akan memberikan jaminan bagi Kamu di masa depan. Tetapi berbicara tentang investasi apa yang pantas untuk dilakukan dan diterapkan, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang hal itu. Berikut ini akan menyajikan beberapa jenis investasi yang cocok untuk karyawan biasa.

Investasi Perhiasan Emas

Jenis investasi perhiasan emas adalah investasi terbaik untuk semua orang. Dari berpenghasilan rendah hingga berpenghasilan tinggi, setiap orang dapat berinvestasi dengan jenis logam mulia ini. Karena selain emas mudah didapat, emas juga tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang terkecil 1 gram hingga yang besar sekalipun. 

Emas adalah investasi yang telah ada sejak dulu hingga sekarang. Kita tahu bahwa harga emas yang cenderung naik setiap tahun menjadikannya instrumen investasi yang sangat cocok untuk diterapkan. Cukup dengan Rp550 ribu saja bisa mendapat 1 gram emas. Dan investasi dalam perhiasan emas tampaknya cukup layak untuk diterapkan lebih awal.

Investasi dalam jenis Reksa Dana Pasar Modal

Jenis investasi selanjutnya yang dapat diterapkan adalah jenis investasi pada reksa dana pasar modal. Investasi reksa dana adalah salah satu opsi investasi yang paling cocok untuk karyawan dengan gaji tidak lebih dari Rp4 juta. Bahkan dapat dikatakan bahwa reksadana adalah salah satu investasi terbaik dengan modal kecil tetapi memberikan pengembalian maksimum. 

Jadi, Kamu perlu mencoba investasi reksa dana. Investasi dalam jenis reksa dana pasar modal, adalah salah satu investasi jangka panjang untuk masa depan Kamu. Reksadana memiliki 4 jenis, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham, dan sebagainya. Tentunya dengan gaji di bawah Rp. 4 juta, investasi jenis ini bisa dimiliki. Sangat mudah bukan?.

Investasi Deposito

Deposito adalah simpanan dari jenis investasi sederhana. Produk ini ditawarkan oleh bank dengan menjanjikan tingkat bunga tetap dan relatif lebih tinggi dari tingkat tabungan untuk periode tertentu. Namun, dalam jangka waktu yang disepakati, uang yang disetor tidak diizinkan untuk ditarik oleh pemilik. Periode waktu yang ditawarkan oleh bank bervariasi.

Kamu bisa memilih bank BCA untuk berinvestasi karna di bank ini memiliki minimal deposito sebesar Rp. 8.000.000. Jika di bandingkan dengan bank lain yang rata – rata minimal deposito sebesar Rp. 10.000.000. BCA Menawarkan suku bunga deposito satu bulan sebesar 5,8%, dengan suku bunga deposito 3 bulan sebesar 6%. Sementara itu, suku bunga deposito masing-masing untuk 6 bulan dan 1 tahun sebesar 6,1%.

Investasi Nabung Saham

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara menabung saham. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa menabung saham hanya bisa dilakukan oleh pengusaha kaya. Namun sekarang, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas untuk siapa saja yang ingin berinvestasi dalam saham.

Selain di atas, ada beberapa alasan mengapa menabung saham masih kurang peminatnya, seperti risiko kerugian yang tinggi. Namun sejauh ini banyak orang awam yang tidak tahu bahwa menabung tidak harus dalam jumlah besar.

Anda bisa mulai dengan jumlah kecil sehingga risiko kerugian juga minimal. Meskipun manfaat yang didapat dari menabung sangat besar, terutama bagi pemula atau kaum muda.

Itulah beberapa investasi yang bisa di lakukan oleh karyawan, jangan menganggap investasi hanya di lakukan oleh orang – orang yang memiliki banyak uang saja. Kamu yang memiliki pekerjaan sebagai karyawan pun bisa berinvestasi. Jadi jangan berkecil hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investasi Yang Cocok Bagi Karyawan"

Posting Komentar