Cara Ampuh Agar Tidak Bosan Saat Bekerja


Suatu kebiasaan yang diangap wajar apabila kita merasa bosan. Terlebih jika kamu sudah berkelana dalam dunia kerja, maka rasa bosan sudah menjadi hal yang sering kamu alami.

Ketika kita telusuri lebih dalam lagi, rasa bosan merupakan salah satu masalah bagi para pekerja. Mengapa demikian? Mungkin beberapa faktor penyebabnya adalah berat nya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab, sehingga kamu merasa tertekan yang akhirnya menimbulkan kebosanan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena yang kita ketahui, segala macam masalah pasti ada jalan keluarnya, bukan? Lalu bagaimanakah jalan keluar agar kamu tidak terlalu lama berada dalam zona kebosanan tersebut?

Berikut ini kami rangkumkan beberapa cara agar kamu dapat keluar dari zona kebosanan dan kembali bekerja dengan rasa semangat yang membara :

1. Mengenali faktor penyebab mengapa kamu merasa bosan

Sejatinya semua masalah yang kamu hadapi akan lebih mudah diselesaikan apabila kamu telah mengetahui apa akar penyebab masalah itu terjadi. Dalam hal ini, cobalah untuk menganalisis faktor apa yang sebenarnya membuat kamu bosan dengan pekerjaanmu . 

Jika kamu sudah menemukan faktor penyebabnya, maka akan lebih mudah mengatasi kebosanan yang kamu rasakan. Karena kamu dapat menemukan jalan keluar dengan lebih merinci dan khusus.

2. Mengubah tatanan ruang kerjamu 

Rasa bosan kamu bisa jadi muncul karena keadaan ruangan yang monoton dan terlalu mati. Lingkungan yang sama dan mati akan menjadikan perasaan seseorang mudah bosan dan sulit untuk mengembangkan ide. Kamu dapat memulai menata ulang ruang kerjamu berawal dari meja kerja yang kamu gunakan. 

Kamu dapat mendesign tatanan meja kerjamu sesuai dengan kemauanmu. Kamu juga dapat membersihkan berkas-berkas yang sudah tidak terpakai. Setelahnya kamu dapat mendesign ruangan kerjamu. Namun, sebelum melakukan hal tersebut, akan lebih baik jika kamu meminta izin kepada atasan dan rekan kerjamu, agar mereka tidak merasa terganggu.

3. Buatlah dirimu merasa senyaman mungkin

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah membuat dirimu merasa senyaman mungkin ketika bekerja. Jika kamu memiliki hobi mendengarkan musik, kamu dapat bekerja dengan diiringi musik. Namun, kami sarankan agar kamu tidak mendengarkan musik yang emosional, baik itu musik yang kamu sukai maupun yang tidak kamu sukai. Mengapa demikian? Karena ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa musik dengan beat yang cepat dapat membuat otak terangsang untuk menyelaraskan irama dari musik tersebut. Dengan demikian, maka konsentrasimu akan mendominasi pada musik daripada pekerjaan yang sedang kamu hadapi. 

4. Makanlah makanan ringan

Cemilan atau seringkali disebut juga dengan makanan ringan dapat menjadi penyemangat bagi sebagian orang. Ada yang menganggap bahwa cemilan dapat menjadi teman saat merasa bosan dan dirundung kesendirian. kamu dapat mencoba hal ini, mungkin saja kamu adalah salah satu tipe yang menjadikan cemilan sebagai mood booster yang ampuh.

5. Mengobrol atau berdiskusi dengan rekan kerjamu

Dengan berdiskusi bersama rekan kerja, hal tersebut akan menambah semangat bekerja dibandingkan jika kamu harus bekerja sendiri tanpa diselingi dengan obrolan. Kamu juga akan lebih akrab lagi dengan temanmu dan bisa menemukan ide-ide baru yang akan memudahkan pekerjaannya. Atau temanmu bisa memberi saran bagaimana agar kerja tidak lagi bikin kita bosan.

6. Manfaatkan waktu weekend kamu

Lelah adalah hal wajar yang dirasakan manusia, khususnya bagi mereka yang telah bekerja. Mungkin saja lelah adalah factor mengapa kamu merasa bosan. Pekerjaan yang terlalu berat dan kurangnya istirahat dapat menyebabkan timbulnya rasa lelah yang dapat memicu rasa bosan pula. Untuk mengatasi rasa lelah, cobalah untuk tidak terlalu sering bekerja lembur, dan manfaatkan waktu cuti serta weekend dengan sebenar-benarnya. 

Kamu juga dapat memanfaatkan waktu weekend untuk bertamasya. Dengan menghirup udara di alam bebas membuat pikiran kamu lebih fresh dan dapat membantu mengurangi stres maupun kecemasan. Selain mengurangi stres, bertamasya juga dapat membangun keharmonisan suatu keluarga. Karena dengan berlibur kamu dapat menciptakan momen-momen berharga yang tidak mudah kamu lupakan begitu saja.

7. Update ilmu pengetahuan yang telah kamu miliki

Cobalah untuk mengenali ilmu baru yang belum kamu ketahui. Hal ini akan menambah wawasanmu dan sedikit lebih mengurangi rasa bosanmu . Bagi kamu yang merasa faktor kebosananmu adalah kerja otak yang monoton. Hal ini akan menambah kerja otak kamu, karena menambah ilmu baru yang belum kamu ketahui sebelumnya akan menjadikan otak menjadi berkembang. Update ilmu yang sekiranya masih relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu tekuni atau hoby kamu.

8. Bersyukur atas pekerjaan yang kamu dapatkan

Pekerjaan yang kamu dapatkan sekarang ini bisa jadi adalah sebuah mimpi bagi para pengangguran atau bagi para pengamen jalanan. Pekerjaan itu pula yang dahulu menjadi sesuatu yang kamu harapkan dan sekarang telah terwujud. Jika dibandingkan dengan orang lain di luar sana, kamu jauh lebih beruntung karena mendapatkan penghasilan untuk biaya kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu cobalah untuk mensyukuri apapun yang kamu dapatkan. Ketika kamu merasa bosan dengan pekerjaan kamu, cobalah untuk mengingat kembali orang di luar sana yang membutuhkan pekerjaan.

9. Ingat tujuan awalmu sebelum bekerja

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kebosananmu adalah dengan mengingat kembali apa tujuan awalmu bekerja. apakah untuk memenuhi kebutuhan hidup? Membahagiakan orang tua? Menyalurkan skill? Atau yang lain. Dengan mengingat kembali tujuan awalmu, hal itu dapat memotivasi kamu untuk tetap semangat dan meminimalisir rasa bosan.

Demikian adalah 9 pilihan yang dapat kamu ambil saat kamu merasa bosan dengan pekerjaanmu. Jangan terlalu menjadikan sebuah kebosanan sebagai beban yang teramat berat. Pilihlah cara yang sesuai dengan kemampuanmu, jangan paksakan apabila kamu tidak sanggup. Karena sesuatu yang dipaksakan pasti tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Tetaplah semangat dalam menjalani pekerjaanmu. 
I hope you remain successful and God bless you always.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ampuh Agar Tidak Bosan Saat Bekerja"

Posting Komentar