Buah Yang Cocok Dibawa Saat Menjenguk Orang Sakit

Buah Yang Cocok Dibawa Saat Menjenguk Orang Sakit
Ketika menjenguk orang sakit, entah itu keluarga maupun sahabat, pastinya hal yang sering dibawa adalah buah-buahan. Buah adalah sumber vitamin alami yang dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh dan memenuhi nutrisi. Buah yang dibawa untuk menjenguk orang sakit sebaiknya buah yang mengandung nutrisi yang akan membantu proses penyembuhan.

Berikut ini kami rangkum beberapa jenis buah yang dapat kamu bawa ketika menjenguk orang sakit

Pepaya

Buah pertama yang baik untuk orang sakit yaitu pepaya. Buah ini memiliki kandungan vitamin C serta serat yang cukup tinggi. Vitamin C memiliki khasiat untuk menguatkan kembali sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sedangkan serat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan manusia, termasuk membantu melancarkan buang air besar, mengatasi konstipasi atau gangguan sulit BAB. Serat juga dapat membuang racun-racun berbahaya dalam tubuh.

Untuk menjadikan saluran pencernaan tetap sehat, mengonsumsi pepaya secara rutin sangat direkomendasikan. Konsumsilah buah pepaya yang mengandung papain. Ketika berkolaborasi dengan serat, enzim pencernaan tersebut dapat membantu orang sakit meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Anggur

Anggur mengandung banyak nutrisi. Anggur dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan baik. Bukan hanya vitamin C, dalam buah anggur juga terkandung vitamin K, yaitu vitamin esensia yang dapat larut dalam lemak dalam tubuh. Vitamin K sendiri dapat membuat tulang lebih kuat serta mempercepat pembekuan darah.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk meneliti apa saja manfaat anggur. Antioksidan yang tinggi yang terkandung di dalam anggur dapat mencegah penyakit kronis dan diketahui dapat melawan virus. Diantara penyakit kronis itu yaitu penyakit jantung kronis. Selain itu, buah ini juga dapat memperbaiki sel-sel yang telah rusak karena radikal bebas.

Tidak hanya antioksidan yang tinggi, anggur juga mengandung mineral potassium yang cukup baik untuk asupan dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah seringkali dihubungkan dengan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi. Ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi kadar kalium lebih tinggi, akan lebih terhindar dari darah tinggi. Mineral ini juga dapat membuat tubuh cepat pulih ketika sedang sakit.

Pisang

Pisang merupakan sumber gula alami yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa diketahui dapat membantu memulihkan kondisi tubuh. Buah ini juga dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Pada umumnya, pisang menjadi menu wajib pasien di rumah sakit. Selain lezat, buah ini juga kaya akan kalori serta nutrisi. Tekstur buahnya yang lembut juga menjadikannya mudah dicerna dan dapat dikonsumsi oleh pasien penderita diare.

Buah pisang yang dicampur dengan susu cair dapat dikonsumsi sebagai obat bagi penderita penyakit usus. Dapat juga untuk pasien yang sakit perut serta cholik yang berguna untuk menetralkan keasaman lambung.

Bagi penderita penyakit lever, pisang merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi. Baiknya, mengonsumsi buah ini dua buah pisang ditambahkan dengan satu sendok madu. Hal tersebut akan menambah nafsu makan dan menguatkan daya tahan tubuh.

Apel 

Ketika menjenguk orang sakit, membawakan parsel berisi apel merupakan ide yang bagus. Karena apel merupakan buah yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks tinggi. Kandungan vitamin tersebut dinilai efektif untuk mengatasi kelelahan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat dengan efektif melawan kanker dan berbagai virus penyebab penyakit lain.

Dalam buah apel terkandung flavonoid  seperti quercetin yang memiliki manfaat mempertahankan molekul oksigen dari merusak sel-sel individual. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya perubahan sel yang menyebabkan berkembangnya sel-sel kanker. Menurut suatu studi yang telah melibatkan 10,000 orang, orang yang mengonsumsi buah apel memiliki risiko 50% lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Pada penelitian lain juga mengatakan bahwa apel dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 17% dan kanker usus sebesar 43%. Pengurangan risiko kanker dihubungkan dengan adanya kandungan pectin di dalam apel yang membantu mengatur buang air besar dan mempertahankan sistem saluran pencernaan yang sehat

Buah ini juga kaya akan zat besi yang efektif sebagai pengobatan anemia. Dengan cara mengonsumsi buah apel dua atau tiga  kali sehari. Untuk mendapatkan manfaat yang sepenuhnya dari buah ini, konsumsilah dengan kulitnya, dimana kulitnyalah yang mengandung nutrisi paling bergizi.

Mangga

Selanjutnya yaitu buah mangga. Manga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan pencernaan dan dapat pula meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Buah ini mengandung 25 karatenoid yang cukup baik efeknya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat mangga memainkan peran yang penting dalam menghilangkan masalah pencernaan dan keasaman yang berlebih. Enzim pencernaan yang berada di dalamnya membantu mempromosikan pencernaan yang alami dan efisien. Bahan-bahan bioaktif yang terkandung dalam buah ini seperti alheid, ester, dan terpene ikut berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan fungsi sistem pencernaan dalam tubuh.

Mangga juga kaya akan zat besi yang bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit anemia. Asupan yang teratur serta dimoderasi dapat membantu menghilangkan penyakit anemia dengan cara meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Semangka

Semangka sangat dikenal dengan buah yang menyegarkan karena kandungan air yang cukup tinggi. Semangka sangat baik guna memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Selain rasanya yang manis, semangka juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini cocok untuk orang yang sakit karena mengandung vitamin C yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Semangka kaya akan kandungan likopen yang dapat melindungi tubuh dari serangan kolesterol jahat. Hal tersebutlah yang membuat semangka dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Memiliki efek baik untuk mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah. Oleh karena itu, semangka sangat bermanfaat dalam mencegah hipertensi.

Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, folat, magnesium, dan lemak tak jenuh yang baik untuk proses penyembuhan. Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat, terutama jenis asam oleat yang sangat baik untuk mengurangi peradangan. Senyawa ini berperan pula menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Itulah mengapa buah ini sangat baik sebagai sumber lemak tak jenuh daripada makanan yang lain.

Dalam buah ini, terkandung vitamin B6 dan asam folat, yang dapat membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat kandungan tersebut yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Buah alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buah Yang Cocok Dibawa Saat Menjenguk Orang Sakit"

Posting Komentar