8 Macam Buah dan Sayur Untuk Mata Minus


8 Macam Buah dan Sayur yang Mudah Dijumpai di Sekitar Kita Bagi Kamu Penderita Mata Minus
Mata minus atau disebut juga miopi atau rabun jauh, suatu gangguan pada mata yang menjadikan objek pada jarak jauh terlihat kabur, tetapi objek yang dekat terlihat normal. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya mata minus. Diantaranya karena keturunan dari orang tua. Seseorang yang memiliki orang tua dengan mata minus, mempunyai kemungkinan besar terkena mata minus pula.

Selain itu, kekurangan vitamin D, kekurangan vitamin A, serta kekurangan cahaya matahri juga dapat mengakibatkan mata minus. Selama ini, yang sering dikenal oleh msyarakat bahwa kebiasaan membaca atau menonton sesuatu terlalu dekat dapat juga menjadi penyebab terjadinya mata minus.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya mata minus, maka ada banyak pula cara untuk mengobatinya. Disini kami akan merangkumkan beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung gizi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata kamu. Khususnya untuk kamu yang telah menderita mata minus. Silahkan disimak baik- baik

1. Bayam

Bayam termasuk salah satu dari jenis sayuran hijau yang mengandung zeaxanthin dan lutein yang bermanfaat menjadikan mata kita tidak mudah lelah. Selain kedua zat itu, bayam juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kamu terhindar dari penyakit glaucoma. Glaucoma yaitu penyakit berupa kerusakan pada saraf mata yang diakibatkan tekanan bola mata yang meningkat. Penyakit glaucoma ini dapat menyebabkan kebutaan yang permanen.

Untuk cara pengobatan dengan bayam, kamu dapat membuat jus bayam dengan tambahan madu. Jika kamu ingin yang lebih simple, kamu juga dapat membuat sayur bayam atau menjadikan bayam sebagai lalapan.

2. Alpukat

Selanjutnya yaitu buah yang mengandung lutein paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Buah alpukat dapat pula membantu menyerap nutrisi kamu seperti nutrisi alpha dan beta karoten, keduanya merupakan nutrisi yang berfungsi penting untuk membentuk vitamin A dalam tubuh.

Buah alpukat dapat dikonsumsi dengan cara dibuat jus dengan campuran susu, atau dimakan secara langsung. Konsumsi buah ini secara rutin untuk hasil mata yang lebih baik.

3. Wortel

Selama ini, wortel memang dikenal sebagai jenis sayuran yang mampu menjaga kesehatan mata. Hal tersebut karena wortel mengandung begitu banyak beta karoten yaitu salah satu jenis vitamin A. Beta karotenlah yang membantu fungsi kerja dari retina serta beberapa bagian yang lain dari mata. Warna jingga pada sayur ini disebabkan oleh adanya vitamin A. Selain mengandung beta karoten yang tinggi, wortel juga memiliki manfaat untuk melepaskan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh kamu.

Jenis sayuran yang satu ini sering digunakan untuk pelengkap sup atau tumis. Selain sebagai pelengkap sus, kamu juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus yang dicampur dengan madu. Dimakan langsung juga dapat kamu lakukan sebagaimana orang tua zaman dahulu mengonsumsi wortel. 

4. Tomat

Sayur yang selanjutnya yaitu tomat. Sayur yang sangat familiar dan mudah kamu jumpai. Selama ini masyarakat mengenal tomat sebagai manfaatnya yang dapat menghaluskan kulit. Namun ternyata, sayur yang satu ini juga memiliki bakat terpendam untuk menjaga kesehatan mata. Gizi yang terkandung dalam tomat diantaranya yaitu vitamin C, vitamin A, serta likopen. Ketiganya merupakan jenis nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Cara mengonsumsi sayur ini kami kira cukup mudah, kamu dapat meminumnya dalam bentuk jus, membuat nya menjadi tumis tomat, atau dapat pula dimakan langsung. Konsumsi sayur ini denga rutin untuk hasil yang baik.

5. Kol/brokoli

Kol atau brokoli juga menjadi salah satu sayuran yang dapat merawat serta menjaga kesehatan mata. Karena sayuran ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi yang juga dikandung dalam sayuran bayam. Selain menjaga dan merawat mata, sayuran ini juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit katarak.

Kamu cukup menambahkan brokoli atau kol ke dalam sup yang kamu buat. Atau jika kamu merasa bosan dengan hidangan semacam itu, kamu dapat membuat lalapan dengan kol. Dan untuk brokoli kamu dapat memasaknya dengan cara digoreng menggunakan tepung Kentucky.

6. Jagung 

Selain mengandung karbohidrat, jagung juga mengandung karotenoid yang berfungsi untuk menurunkan resiko kerusakan yang terjadi di mata. Vitamin A yang terkandung juga cukup tinggi. Ada banyak cara untuk mengonsumsi jagung ini. Kamu dapat merebusnya lalu dimakan, dijadikan cemilan berupa popcorn, dicampurkan kedalam sayur asem. Dan sekarang kamu juga dapat mengubah biji jagung menjadi tepung yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam kue.

7. Kemangi

Daun kemangi sering digunakan untuk lalapan atau campuran sayur untuk beberapa jenis masakan. Ada vitamin A yang terkandung dalam daun kemangi ini. Meskipun vitamin A yang terkandung tidak sebanyak seperti yang dikandung wortel, namun jumlah vitamin A di dalam daun kemangi masih cukup untuk menjaga kesehatan mata.
Mengonsumsinya dapat kamu jadikan sebagai lalapan, atau dicampur dengan sayuran lain berupa tumis.

8. Kangkung 

Yang terakhir yaitu sayur kangkung. Mungkin banyak yang tidak tahu nutrisi apa saja yng terkandung dalam sayur yang konon membuat orang mengantuk jika memakannya ini. Ada khasiat tersembunyi yang berada dalam sayuran satu ini, diantaranya kaya akan vitamin A. Sebagaimana yang diketahui masyarakat, bahwa vitamin A baik untuk kesehatan mata. Selain mnengandung vitamin A, dengan mengonsumsi kangkung secara rutin, kamu dapat terhindar dari radikal bebas yang menyerang kornea mata. 

Satu lagi khasiat kangkung untuk kesehatan mata yaitu dapat mencegah penyakit katarak. Kamu dapat mengonsumsi kangkung secara rutin dengan cara menumisnya. Atau kamu juga dapat menjadikan kangkung sebagai lalapan.

Demikian adalah beberapa jenis sayur dan buah yang dapat dikonsumsi bagi kamu yang menderita mata minus. Silahkan dikonsumsi secara rutin. Namun, jangan mengonsumsi buah dan sayur diatas melebihi kadarnya, karena mungkin saja nutrisi yang dikonsumsi secara berlebihan justru akan berdampak tidak baik pada tubuh kamu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Macam Buah dan Sayur Untuk Mata Minus"

Posting Komentar